Teknologi Otomotif

    Mengatasi Masalah Indikator Mesin All New Nmax Nyala Pakai YDT

    Ahmad Garuda, Ekawan Raharja - 03 Februari 2020 19:01 WIB
    Mengatasi Masalah Indikator Mesin All New Nmax Nyala Pakai YDT
    Yamaha melakukan kupas teknologi Alll New Yamaha Nmax sekaligus melakukan troubleshooting di motor tersebut menggunakan diagnostic tools generasi ketiga miliknya. Medcom.id/Ahmad Garuda

    Jakarta: Teknologi sepeda motor yang kian berkembang pesat, bukan hanya untuk memudahkan pengguna kendaraan. Namun juga untuk memudahkan proses servis kendaraan yang dilakukan di bengkel resmi. Namun terkadang ada beberapa hal yang patut dipahami, termasuk jika terjadi masalah di motor tersebut.

    Seperti yang hari ini, Senin (3/2/2020) dilakukan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di salah satu dealer andalan mereka yaitu DDS Cempaka Putih. Mereka melakukan kupas teknologi Alll New Yamaha Nmax sekaligus melakukan troubleshooting di motor tersebut menggunakan diagnostic tools generasi ketiga miliknya.


    “Jadi hari ini kami ingin agar teman-teman jurnalis juga diberikan pelatihan tentang pentingnya memahami soal bagaimana mekanik kami bekerja menyelesaikan permasalahan teknis di bengkel. Tentunya dengan menggunakan alat khusus untuk mendiagnosa sebelum diambil tindakan. Kalau dulu kan masih dilakukan secara manual dan kadang lama menemukan masalah utamanya. Nah sekarang, tingga menyelesaikan dengan aplikasi khusus di laptop,” klaim General Manager Technical, Service & Motorsport PT YIMM, Muhamad Abidin kepada medcom.id.

    Mengatasi Masalah Indikator Mesin All New Nmax Nyala Pakai YDT

    Salah satu contoh masalah yang diberikan kepada jurnalis untuk diselesaikan adalah menonaktifkan notifikasi yang terlihat di dashboard All New Nmax ketika side stand switch diaktifkan dalam kondisi sedang berjalan. Simulasi ini dilakukan untuk memperlihatkan bahwa masalah ini terjadi karena ECU membaca ada kejanggalan dalam mematikan mesin motor. Yaitu bukan melalui ignition key malah melalui standar samping.

    “Di sinilah pentingnya memahami kinerja kendaraan. Kalau pas lagi berjalan dan standar samping diturunkan, artinya ada kesalahan dalam prosedur untuk mematikan mesin. Makanya indikator engine check jadi aktif. Tentu indikator ini masih akan tetap aktif selama itu tidak diselesaikan. Meski demikian, tidak mengganggu sistem operasi kendaraan. Satu-satunya solusi ya penting untuk melakukan pemeriksaan ke bengkel resmi untuk dianalisis melalui diagnostic tools yang direkomendasikan,” sambung Service Education PT YIMM, Ridwan Arifin di momentum yang sama.

    Proses penyelesaiannya pun cukup mudah. Sebelum melakukan koneksi dari laptop ke laptop, mekanik harus memastikan mesin dalam kondisi mati dan mengikuti perintah yang ada di aplikasi khusus di laptop tersebut. Kemudian mengikuti prosedur untuk menganalisis masalah yang ada dan kemudian menyelesaikan masalahnya hanya dengan melakukan perbaikan melalui laptop. 

    Mengatasi Masalah Indikator Mesin All New Nmax Nyala Pakai YDT

    “Tentu ini adalah saran pertama yang ingin disampaikan kepada konsumen. Dan menurut pengalaman, biasanya tidak terjadi masalah yang sama. Kalau memang masih terjadi tentu ini akan dilakukan pemeriksaan soal sensitivitas sensor di ECU.”

    Penyelesaian masalah dengan cara yang cukup ringkas di bengkel resmi Yamaha ini, menjadi catatan, bahwa terkadang masalah yang terlihat besar dari luar, tidak serumit itu untuk penyelesaiannya. Apalagi sekarang sudah menggunakan sistem digitalisasi untuk menyelesaikan masalah yang ada. 

    Bukan hanya Yamaha, beberapa produsen roda dua tanah air seperti Honda, Kawasaki, hingga beberapa brand Eropa juga melakukan hal serupa. Yaitu digitalisasi penyelesaian masalah yang terjadi di motor. Alasannya tentu sama, yaitu mempercepat kinerja mekanik dan penyelesaian masalahnya juga tepat.





    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id