Pilihan Kompon Ban jadi Kunci Cemerlang di Kualifikasi

    Ahmad Garuda - 02 Mei 2021 11:44 WIB
    Pilihan Kompon Ban jadi Kunci Cemerlang di Kualifikasi
    Pemilihan ban saat sesi kualifikasi balapan jadi hal yang sangat menentukan. FOGM2



    Sesi kualifikasi untuk balapan, adalah sesi khusus yang biasanya dilakukan untuk mencari posisi start terbaik. Maka tak heran jika sebuah tim dan pembalap fokus untu mencari cara agar pembalapnya bisa maksimal untuk satu running lap atau satu putaran saja tanpa harus memikirkan durabilitas.

    Pemilihan ban adalah satu dari sekian banyak kunciannya. Hal itu pula yang membuat mayoritas pembalap dan tim fokus memilih ban dengan kompon tepat. Seperti yang dilakukan tim Federal Oil Gresini Moto2 di sesi kualifikasi Moto2 Jerez, Spanyol yang berlangsung pada Sabtu (1/5/2021) kemarin. Kedua pembalapnya fokus memilih komponen ban yang tepat untuk sesi ini dan mampu mencetak waktu tercepat yang kompetitif.

    Fabio Di Giannantonio yang menjadi andalannya berhasil kembali membalap dengan hati dan tampil gemilang meraih waktu tercepat kedua yang hanya terpaut 0,071 detik dari pemegang Pole Position, Remy Gardner. Ia mencetak 1:40,738 detik. Sedangkan, Nicolò Bulega torehkan waktu 1:41,521 detik dan akan start dari posisi 13.

    "Strategi kami kali ini menggunakan dua ban baru untuk 2 stint berbeda di bagian belakang meski di sesi kedua kami agak kewalahan. Tapi hasilnya menggembirakan karena kami start dari baris terdepan dan pastinya ini kesempatan bagus untuk bisa bersaing dengan grup terdepan. Kuncinya menjaga kecepatan di paruh waktu balapan dan kemudian tancap gas di akhir," ujar Fabio di Giannantonio melalui keterangan resminya.

    Berbekal posisi dua di garis start, pembalap bernomor 21 ini berkesempatan bertarung untuk membuat Indonesia kembali bangga dengan raihan podium kedua musim ini.

    Sementara itu, Nicolò Bulega melalui sesi latihan hari Sabtu dengan terbilang positif karena bisa lolos dari Q1. Sayangnya, sudah tidak ada ban kompon lunak yang bisa Ia gunakan di sesi kualifikasi untuk mengejar posisi lebih baik.

    Sirkuit Jerez sepanjang 4.423 meter memiliki 13 tikungan yang membuat potensi aksi saling susul terjadi dengan ketat terutama di tikungan terakhir. Selain memperhatikan pemilihan ban, sistem pengereman yang optimal juga jadi kunci. Tinggal melihat sejauh mana tim mampu menerapkan strategi terbaik sesuai kondisi trek.(UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id