Jaga Temperatur Cakram Carbon, Suzuki Pakai Disc Cover di GSX-RR

    Ahmad Garuda - 12 Agustus 2015 16:49 WIB
    Jaga Temperatur Cakram Carbon, Suzuki Pakai <i>Disc Cover</i> di GSX-RR
    Cakram rem depan di motor milik Maverick Vinales ini, sudah dibekali penutup cakram untuk menjaga temperatur cakram tetap ideal. Suzuki



    medcom.id: Ragam cara yang dilakukan tim-tim manufaktur untuk membuat performa motor mereka tetap prima selama menjalani sesi balapan. Salah satu trik yang dilakukan adalah dengan membuat semua komponen bekerja maksimal, misalnya sistem pengereman, terkhusus temperatur cakram atau kaliper rem.

    Berbeda dengan komponen motor yang digunakan harian, komponen motor balap seperti motor MotoGP dibuat dari material yang terbaik untuk penggunaan high performance. Seperti material carbon untuk cakram dan juga kaliper remnya.

     



    "Untuk cakram tipe carbon di motor MotoGP, temperatur minimal untuk membuatnya bekerja secara ideal adalah minimal 200 derajat. Biasanya jika temperatur cakram berada di bawah itu, sistem pengereman belum maksimal," jelas pernyataan dari Brembo selaku pemasok sistem pengereman di MotoGP.
    Jaga Temperatur Cakram Carbon, Suzuki Pakai <i>Disc Cover</i> di GSX-RR
    Sebelumnya Yamaha sudah pernah mengakali kaliper rem depan motor yang mengalami overheating. Mereka membuat air vent khusus agar udara bisa langsung dialirkan ke kaliper yang sering mengalami overheating. Namun lain lagi dengan Suzuki, mereka malah membuat cover khusus untuk melindungi cakram rem depan.

    Mengingat temperatur cuaca di MotoGP Indianapolis saat berlangsungnya balapan akhir pekan lalu, diprediksi cukup rendah. Kondisi ini disinyalir bakal mengganggu optimalisasi kinerja sistem pengereman. HIngga diciptakan sistem pada cakram yang bisa menjaga temperaturnya optimal. Meski tidak membungkus penuh cakram, namun ini dirasakan cukup bermanfaat.

    Prediksi tentang performa Suzuki yang bakal menurun karena layout sirkuit cukup mendukung untuk motor dengan karakter kuat di akselerasi dan pengereman, tidak begitu buruk. Maverick Vinales masih bisa finish di urutan ke-11 dan Aleix Espargaro finish di urutan ke-14.

    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id