comscore

Sejarah Sasis Deltabox, Berawal Dari Teknologi Balap

Ekawan Raharja - 26 Mei 2022 23:00 WIB
Sejarah Sasis Deltabox, Berawal Dari Teknologi Balap
Desain sasis Deltabox. Yamaha
Jakarta: Ada banyak jenis sasis sepeda motor, mulai dari Rangka Baja Tekan (Pressed Steel), Rangka tulang belakang (backbone), Rangka perimeter, Rangka teralis (trellis), dan Rangka monokok (monocoque). Dari semua jenis sasis yang pernah ada di dunia sepeda motor, rangka perimeter menjadi salah satu model sasis yang cukup banyak ditemui di Indonesia.
 
Sasis perimeter ini memiliki nama lain twin-spar frame, atau Yamaha lazim menyebutnya dengan nama Deltabox. Selain Yamaha, sejumlah pabrikan sepeda motor juga menggunakan sasis model ini untuk model Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS, Honda CBR1000RR-R, Honda CB650R, dan Suzuki GSX-1000 series.
 
Sejarah sasis Deltabox ini berasal dari dunia balap, atau lebih tepatnya sejak Grand Prix di awal era 70-an. Saat ini pengembangan mesin motor terus dilakukan agar menghasilkan tenaga serta torsi yang lebih besar.
 
Kondisi ini membuat sasis tubular yang biasanya digunakan terlalu rentan untuk dipasangkan dengan mesin-mesin bertenaga besar. Teknisi asal Spanyol, Antonio Cobas, memiliki ide baru dengan merancang sebuah sasis berbahan aluminium yang membentang di kiri dan kanan, atau disebut twin-beam. Pemilihan bahan dan konstruksi alumunium ini bertujuan untuk menambah kekuatannya, tapi tetap ringan.
 
Rancangan Cobas pun melakoni debutnya pada tahun 1982, terpasang di motor Rotax Kobas 250. Sasis deltabox ini pun langsung dijajal oleh pembalap Alex Criville dan Sito Pons. 

Halaman Selanjutnya
  Ternyata, kedua rider itu…






Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id