comscore

MXGP Samota Bakal Tingkatkan Wisata NTB

Ekawan Raharja - 20 Mei 2022 13:00 WIB
MXGP Samota Bakal Tingkatkan Wisata NTB
Aksi para crosser di MXGP Palembang 2019. Antara Foto/Hafidz Mubarak A
Jakarta: MXGP Indonesia bakal diselenggarakan di Samota, Sumbawa, NTB pada 24-26 Juni 2022. Ikatan Motor Indonesia (IMI) menilai ajang balap ini bakal meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi di Nusa Tenggara Barat (NTB).
 
Persiapan perhelatan sudah dimulai sejak awal tahun 2022 oleh Sport Talenta Indonesia (STI) sebagai kontraktor MXGP of Indonesia dengan Infront selaku pemegang hak pelaksanaan MXGP di dunia. Didukung Samota Enduro Gemilang dan Rocket Motor Indonesia sebagai pelaksana persiapan di lapangan.
 
"Setelah sukses menyelenggarakan MotoGP pada 18-20 Maret 2022, dan World Superbike pada 11-13 November 2021, kini dibawah kepemimpinan Gubernur Zulkieflimansyah dan dukungan Presiden Joko Widodo sebagai Bapak Otomotif Indonesia, NTB akan kembali menjadi tuan rumah kejuaraan motorsport bergengsi dunia MXGP. Semakin memperkuat destinasi wisata NTB yang tidak hanya terkenal dengan wisata alam berupa pantai dan pegunungan hingga wisata budaya. NTB kini juga memiliki kekuatan wisata dalam bentuk sport automotive tourism," ujar Ketua Umum IMI, Bambang Soesatyo, dalam konferensi pers MXGP 2022 Kamis Malam di Jakarta (19/5/22).
 
Ketua MPR ini menjelaskan hampir 1,6 miliar penonton dunia menyaksikan MotoGP Mandalika. Menjadi promosi yang luar biasa bagi NTB pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Kontribusi nyata dari sektor perekonomian juga terlihat dari perhitungan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB, yang melaporkan perputaran uang selama gelaran MotoGP di Mandalika mencapai Rp606,7 miliar.
 
"Alasan pemilihan lokasi di Samota, Sumbawa sebagai tuan rumah MXGP of Indonesia 2022, karena daerah ini merupakan integrasi dari 3 kawasan indah yang popular di dunia, yakni Saleh, Moyo, dan Tambora. Penyelenggaraan MXGP diharapkan menjadi entry point untuk Samota agar dapat lebih dikenal dunia. Sebagaimana sudah terjadi pada Mandalika melalui penyelenggaraan MotoGP," jelas pria yang akrab disapa Bamsoet.
 
 
Tiket MXGP rencananya akan mulai dijual kepada masyarakat luas pada awal Juni 2022. Harga jual dari mulai Rp 100 ribu. Masyarakat bisa membelinya melalui berbagai platform yang akan diumumkan dalam waktu dekat.
 
"Panitia menargetkan bisa mendatangkan 75 ribu penonton yang datang langsung ke Samota, Sumbawa. Ditambah 100 orang official team infront, 48 riders MXGP, 48 riders MX2, 200 orang MXGP official team, hingga 200 orang MX2 official team. Selain menyaksikan secara langsung, masyarakat Indonesia dan penduduk dunia lainnya juga bisa menyaksikan MXGP of Indonesia 2022 melalui saluran televisi internasional EuroSport," pungkas Bamsoet.

(ERA)



Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id