Paten Motor Listrik Kawasaki, Bocor!

    Ekawan Raharja - 26 Februari 2019 09:41 WIB
    Paten Motor Listrik Kawasaki, Bocor!
    Menariknya paten ini memiliki sistem induksi ram air yang mirip dengan motor sport konvensional Kawasaki. Kawasaki
    Tokyo: Pengembangan kendaraan lstrik tidak hanya dilakukan oleh industri roda empat saja. Produsen sepeda motor juga berlomba-lomba untuk menghadirkan sepeda motor listrik yang ramah lingkungan dengan menggunakan sumber tenaga terbarukan.

    Kawasaki diketahui sekarang ini sedang mengembangkan sepeda motor listrik untuk di masa depan. Hal ini bisa dipastikan karena baru-baru bocor sebuah desain paten yang diyakini milik pabrikan yang identik dengan warna hijau ini.

    Jika melihat sejarah, Kawasaki bukanlah pabrikan yang asing dengan teknologi listrik sepeda motor. Mereka pernah juga ketahuan mengembangkan sepeda motor listrik pada 2012, dan hingga saat ini belum meluncur.

    Hanya saja untuk paten yang baru-baru ini bocor, memiliki desain yang berbeda. Gambar paten ini belum bisa di ketahui spesifikasinya, dan belum diketahui akankah menjadi produk masal atau hanya sekadar sepeda motor konsep.

    Media otomotif asal India, Rushlane, memastikan bahwa paten ini memang desain dari sepeda motor listrik. Gambar paten ini menujukan powertrain listrik yang terdiri dari unit listrik, dan rakitan kopling yang terhubung ke pompa mekanik, serta poros yang menggerakan roda melalui penggerak rantai sepeda motor konvensional.

    Paten Motor Listrik Kawasaki, Bocor!

    Melalui penggunaan kopling tersebut, Kawasaki sepertinya lebih memilih gearbox untuk menambah torsi dibanding menghubungkan poros output motor yang langsung ke roda. Mekanisme seperti itu juga memungkinkan para insinyur untuk mengaplikasikan ke sepeda motor yang lebih kecil, dengan peringkat torsi yang lebih kecil dibanding aplikasi penggerak langsung.

    Menariknya paten ini memiliki sistem induksi ram air yang mirip dengan motor sport konvensional Kawasaki. Asupan udara diposisikan di bawah tempat lampu depan, dan mengarahkan udara dingin ke baterai sehingga suhu motor listrik bisa tetap terkendali.

    Tidak menutup kemungkinan paten ini diproduksi dan dijadikan sepeda motor konsep di Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accessori è (EICMA) di akhir 2019. Biasanya para pabrikan sepeda motor menunjukan sepeda motor konsepnya di acara pameran sepeda motor tersebut.

    Cuma perlu diingat, Kawasaki tidak sendirian untuk mengembangkan sepeda motor listrik model sport. Jangan lupakan Ducati yang malah sudah bersiap memproduksi sepeda motor listrik dalam waktu dekat.

    Selain Ducati, Harley-Davidson sebagai produsen motor besar juga memproduksi sepeda motor listrik Livewire. Bahkan sepeda motor ramah lingkungan ini sudah bisa dipesan dengan harga USD 29.799 atau sekitar Rp 421 juta.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id