Bengkel Umum

    Memberdayakan Difabel Menjadi Mekanik Handal

    Ekawan Raharja - 21 September 2020 09:00 WIB
    Memberdayakan Difabel Menjadi Mekanik Handal
    Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Sinar Nusantara Semarang memberikan pelatihan berupa teknis penggantian oli, pengecekan filter udara dan karburator, pengecekan sistem rem dan rantai kendaraan dan banyak hal teknis sepeda motor. Pertamina Lubricants
    Semarang: Hingga sekarang ini masih banyak yang memandang difabel sebelah mata sehingga mereka pun kesulitan dalam mencari pekerjaan. Padahal apabila diberikan bekal kemampuan, mereka juga bisa bersaing secara kompetitif, termasuk menjadi mekanik sepeda motor.
     
    Hal ini coba ditunjukan melalui Komunitas Motor Penyandang Cacat (Compac) di Semarang Jawa Tengah. Di sini mereka mengelola bengkel sepeda motor dan modifikasi menjadi kendaraan roda tiga yang bisa digunakan oleh orang-orang dengan keterbatasan fisik.
     
    Melihat aktivitasnya dan tekadnya dalam menjalankan bengkel motor untuk difabel, mereka mendapatkan bantuan pelatihan ilmu mekanik dasar teknis servis sepeda motor dan pelumas dari Pertamina Lubricants pada Sabtu (19/9/2020). Ketua Compac, Tri Rahayu, menjelaskan kegiatan ini sangat positif untuk memberikan ilmu tambahan bagi mekanik bengkel.
     
    Memberdayakan Difabel Menjadi Mekanik Handal

    "Keterbatasan bukanlah kendala bagi kami untuk terus belajar dan melatih keterampilan agar dapat membangun potensi terbaik diri. Dengan bantuan ilmu dan modal yang diberikan, kami berharap akan mampu berkembang lebih baik lagi kedepannya. Semoga sinergi bisa terus dibina," ungkap Tri.
     
    Bersama dengan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Sinar Nusantara Semarang, pelatihan yang diberikan berupa teknis penggantian oli, pengecekan filter udara dan karburator, pengecekan sistem rem dan rantai kendaraan dan banyak hal teknis sepeda motor lainnya. Diharapkan pelatihan ini membuat mereka tetap cekatan dan mempertajam kemampuan untuk merawat serta melakukan modifikasi kendaraan roda tiga. Selain itu, mereka juga mendapatkan bantuan modal berupa usaha paket pelumas, rak display dan toolkits.
     
    "Selama 7 tahun, bengkel merupakan ujung tombak yang turut membantu menggerakan tidak hanya industri pelumas namun juga industri otomotif secara keseluruhan. Perbaikan dan peningkatan kemampuan harus terus dilakukan agar pelayanan bengkel kepada konsumen bisa semakin baik lagi. Kami sangat berterimakasih atas antusias dari teman-teman Compac," jelas Sales Region Manager IV PT Pertamina Lubricants Agus Supriyanto.(ERA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id