Motor Baru

    Komparasi Spek Teknis dan FItur Honda Rebel VS Kawasaki Vulcan

    M. Bagus Rachmanto - 05 Februari 2020 14:38 WIB
    Komparasi Spek Teknis dan FItur Honda Rebel VS Kawasaki Vulcan
    Honda Rebel. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
    Jakarta: Model cruiser memang menjadi salah satu model sepeda motor tak tidak lekang dimakan zaman, dan kini terus berkembang. Bahkan beberapa merek kini kembali memeriahkan model cruiser, seperti Honda Rebel sebagai jagoan baru PT Astra Honda Motor (AHM) dan Kawasaki Vulcan S jagoan PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI)
     
    Urusan performa menjadi salah satu pertimbangan ketika hendak memilih satu dari kedua sepeda motor ini, termasuk desain, fitur dan harga. Meski volume mesinnya berbeda, tapi keduanya bermain di kelas yang sama. Yakni cruiser entry level dengan harga di bawah Rp200 jutaan. 

    Desain
    Soal genre, keduanya memiliki cita rasa cruiser yang cocok untuk perjalanan jarak jauh. 
    Rebel Diklaim hadir sebagai motor kustom yang menjadi cerminan gaya hidup dan jati diri pengendaranya, diciptakan untuk penggemar custom dengan desain sederhana namun garang yang cocok sebagai 'kanvas' modifikasi.  

    Sedangkan Vulcan S lebih kalem dengan gaya cruiser ala Amerika lewat aplikasi tangki model tear drop dan headlamp alpukat yang unik. Dengan basis ER6n, posisi sokbreker belakang Vulcan S lebih kelihatan unik karena berada di sisi kanan dengan lintang horizontal.
    Komparasi Spek Teknis dan FItur Honda Rebel VS Kawasaki Vulcan
    Kawasaki Vulcan S

    Mesin
    Soal mesin, volume keduanya jelas berbeda. Di mana Rebel hanya dibekali mesin 471cc 8-valve, liquid-cooled parallel twin-cylinder dengan bore dan stroke dibuat pada 67mm x 66.8mm dengan rasio kompresi 10,7: 1 seperti mesin Honda CBR500R yang sporti. Torsi maksimum 43,6Nm pada 5.500 rpm dan menghasilkan tenaga puncak 33,5 kW pada 8.500 rpm.

    Sedangkan Vulcan S bermesin twin paralel pendingin cair 649 cc dengan keluaran tenaga hingga 61,6 dk dan torsi 64 Nm. Mesin ini juga berbasis dari naked bike ER6n.

    Fitur
    Untuk mendukung sisi tata cahaya sistem penerangan LED disematkan pada lampu utama, lampu belakang, dan lampu sein yang berbentuk bulat. Tampilan panel meter digital kini lebih atraktif dan informatif. Perubahan perpindahan gigi kini terbaca di panel meter yang memiliki tampilan LCD negatif dan backlight biru yang mencolok dan mudah dibaca. Rebel juga dilengkapi fitur Assist/Slipper Clutch yang dapat mempermudah dan memperhalus perpindahan gigi.

    Vulcan menawarkan teknologi Full Injeksi dan memakai sitem pengapian elektronik (TCBI). Tidak ketinggalan sebuah speedometer yang mengombinasikan antara sistem digital, siap memanjakan sobat otomotif dalam menampilkan beragam informasi seperti indikator kecepatan, pemakaian bahan bakar, jam, odometer, dan dual trip meter. 

    Harga
    Rebel diberi label harga Rp169 jutaan dengan 3 warna pilihan yakni Graphite black, Matte Armored Silver Metallic dan Matte Jeans Blue Metallic. Sedangkan Vulcan S dibanderol harga dibanderol seharga Rp185 jutaan, dengan pilihan warna hanya hitam on the road Jakarta. 

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id