Teknologi Otomotif

    BMW Motorrad Pamer Mesin Baru 'Big Boxer' 1.800 cc

    M. Bagus Rachmanto - 05 Desember 2019 12:55 WIB
    BMW Motorrad Pamer Mesin Baru 'Big Boxer' 1.800 cc
    BMW Concept R 18 bermesin Big Boxer 1,8 liter. Carscoops
    Jerman: Penampilan motor retro Concept R 18 bermesin Big Boxer 1,8 liter di ajang Concorso d'Eleganza Villa d'Este, pada Mei lalu, menyiratkan jika BMW Motorrad bakal melengkapi line up sepeda motornya besarnya dengan mengusung mesin berkapasitas besar. Di mana BMW Motorrad menyebutnya sebagai power plant Big Boxer.

    Dikatakan, motor ini bakal menjadi andalan baru BMW untuk penjualan tahun 2020 mendatang. Unit dua silinder yang berlawanan secara horizontal adalah mesin boxer twin-silinder berkapasitas tertinggi, yang pernah digunakan dalam seri produksi sepeda motor. Mesin ini berkapasitas 1.802 cc yang dihasilkan dari 107.1 mm (4.2 in) bore dan 100 mm (3.9 in) stroke.

    Dapur pacunya disebut menghasilkan tenaga 91 PS (90 daya kuda) pada 4.750 rpm, dengan torsi maksimum mencapai 158 Nm (117 lb-ft) pada 3.000 rpm. Untuk torsi yang lebih besar 150 Nm (111 lb-ft) bisa didapat pada 2.000 hingga 4.000 rpm. Kecepatan mesin maksimum pada 5.750 rpm, sementara kecepatan idling 950 rpm.
    BMW Motorrad Pamer Mesin Baru 'Big Boxer' 1.800 cc
    "Tarikan mesin Big Boxer sangat luar biasa, serta kehalusan berlari yang diperoleh berkat massa roda gila yang berukuran besar. Pembangkit listrik baru berpendingin udara dan oil cooled, memiliki silinder dan kepala silinder berusuk besar dan berat 110,8 kg (244,2 lbs) termasuk gearbox dan intake system," klaim BMW Motorrad sepeti dilansir Carscoops.

    Mesin Big Boxer juga disebut memiliki rumah mesin aluminium split vertikal dan triple plain bearing crankcase. Menariknya, penggerak katup OHV klasik dengan dua camshafts dikombinasikan dengan teknologi empat katup modern dan pengapian ganda. 
    BMW Motorrad Pamer Mesin Baru 'Big Boxer' 1.800 cc
    Transmisinya adalah gearbox 6-percepatan konstan yang terhubung ke engine melalui kopling kering satu-pelat dengan fungsi anti-hopping. Gigi mundur tersedia sebagai tambahan opsional yang dapat digeser secara manual melalui gigi dan electric motor.

    Sayangnya belum ada bocoran soal kepastian kapan motor konsep ini akan diproduksi dan dijual. Pastinya motor ini bikin penasaran karena hadir dengan gaya retro yang elegan bermesin jumbo. Diharap mesin Big Boxer akan membuat debut produksinya dengan model motor R18 generasi mendatang.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id