'Tahan Diri' Menjual Motor Listrik, Honda Menunggu Regulasi

    Ahmad Garuda - 21 Mei 2019 08:23 WIB
    'Tahan Diri' Menjual Motor Listrik, Honda Menunggu Regulasi
    Honda masih menunggu regulasi motor listrik untuk menjual PCX electric secara umum. Doc Medcom
    Jakarta: Honda motor memang sudah resmi menjual motor listriknya yaitu PCX Electric di pasar nasional. Namun penjualan yang mereka lakukan masih sebatas B2B alias business to business. Mereka mengaku belum mau menjualnya secara retail kepada masyarakat umum lantaran masih banyak hal yang mereka pertimbangkan.

    Direktur Pemasaran PT Astra Honga Motor (AHM), Thomas Wijaya dalam kesempatan buka puasa bersama media di Scenic, Jakarta pada Senin (20/5/2019), menegaskan bahwa mereka masih menahan diri untuk menjual motor listrik secara retail ke masyarakat.

    "Ya, kami juga tidak mau jualan secara blak-blakan ke konsumen retail kalau regulasinya belum keluar. Setidaknya dengan cara menjualnya secara B2B, jadi bahan evaluasi juga bagi kami tentang hal-hal yang harus diperbaiki dalam penerapan motor listrik di Indonesia," ujar Thomas.

    Menurutnya, beberapa hal penting yang harus dipastikan ke konsumen adalah soal insfrastruktur pendukungnya dan lalu regulasinya. Tanpa ada kepastian untuk ini semua, maka akan sulit bagi APM besar seperti Honda untuk menggelontorkan motor listrik ke masyarakat luas.

    "Isu besar lain adalah soal limbah baterai. Ini juga masih terus kami pelajari agar efeknya tentu tidak buruk bagi lingkungan. Mengingat limbah baterai ini bisa sangat berbahaya jika penanganannya tidak tepat."

    Di sisi lain, Gesits sudah resmi menjual ke masyarakat umum bersamaan dengan pelaksanaan pameran otomotif IIMS 2019 lalu. Lebih jauh, Viar bahkan sudah lebih dulu memasarkan Q1 di Indonesia.

    Hal lain yang digarisbawahi oleh Thomas adalah soal perilaku berkendara. Meski terlihat sepele, namun soal perilaku ini adalah hal penting dalam hal keselamatan berlalu lintas. Mengingat motor listrik cenderung tak mengeluarkan suara alias senyap meski dikebut.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id