Test Ride

    Test Ride New Vespa S 125 i-get, Semakin Cocok untuk Kaum Urban

    Ekawan Raharja - 04 September 2020 16:23 WIB
    Test Ride New Vespa S 125 i-get, Semakin Cocok untuk Kaum Urban
    Tim Medcom.id menjajal Vespa S 125 i-Get berkeliling disejumlah jalanan Jakarta. Medcom.id/Ekawan Raharka
    Jakarta: Vespa melakukan penyegaran untuk model S 125 i-get di sektor desain dan peningkatan sisi fungsional. Ubahan yang terjadi ini membuat sensasi berkendara yang ditawarkan oleh skuter matik (skutik) Italia ini semakin cocok untuk kaum urban.
     
    Para insinyur merek spesialis skutik ini melakukan banyak ubahan di sektor desain, setup mesin, dan penambahan fitur untuk menunjang aktivitas para anak muda. Tim Medcom.id mendapatkan kesempatan untuk mencoba S 125 i-get mengitari sejumlah sudut Jakarta dengan tester rider berpostur 165 cm dan bobot 70 kg. Lantas seperti apa sensasi yang didapatkan?
     

    Peningkatan Fungsional untuk Mobilitas

    Test Ride New Vespa S 125 i-get, Semakin Cocok untuk Kaum Urban
    Kalau diamati secara sepintas, ada banyak fitur-fitur yang sangat menunjang berkendara para kaum urban. Seperti contoh saja terdapat gantungan dengan model ring di bawah setang, dan satu gantungan tersembunyi tepat di bawah jok yang bisa dikeluarkan dan dimasukan ke dalam jok. Gantungan ini akan sangat fungsional bagi pengendaranya untuk meletakan berbagai barang, seperti contoh tas, sehingga pengemudi tidak menggendong tas selama perjalanan, dan membuat badan lebih leluasa bergerak.
     
    Selain itu ubahan tampak dengan panel instrumen baru yang dimodernisasi melalui penambahan layar digital LCD. Layar ini sangat memudahkan pengendara dalam memantau kondisi kecepatan, indikator bensin, odometer, lampu sein, dan sejumlah informasi lainnya. Elevasi layar digital LCD ini juga memudahkan pengemudi melihat meski kondisi siang terik, tidak terhalang pantulan sinar matahari.
     
    Test Ride New Vespa S 125 i-get, Semakin Cocok untuk Kaum Urban

    Fitur fungsional lainnya adalah USB port yang ada di sisi sebelah kiri bisa digunakan oleh pengendara untuk mencatu daya gawainya selama perjalanan. Fitur ini rasanya sangat relevan dengan kondisi sekarang ini karena hampir semua aktivitas masyarakat sudah mengandalkan gawainya.
     
    Cuma tim Medcom.id merasakan ada satu yang kurang dari desain USB port ini adalah tidak ada tempat untuk meletakan gawai di dekatnya. Mau tidak mau, pengemudi harus meletakan gawainya di kompartemen di sisi kanan, memasukannya di saku celana, atau tas selempang yang diposisikan ke depan. Resikonya adalah kabel antara USB port dan gawai terjuntai dan ini sangat berbahaya karena dapat mengundang kriminalitas atau rawan tersangkut.
     

    Handling Berkendara Lebih Nyaman

    Test Ride New Vespa S 125 i-get, Semakin Cocok untuk Kaum Urban

    Ketika merasakan duduk pertama kali, pengemudi bisa mendapatkan posisi berkendara (riding position) terbaik dengan mudah. Jok double-seat baru dan pijakan kaki (foot rest) di desain ulang sehingga mudah untuk menyesuaikan diri ketika berkendara.
     
    Dukungan posisi berkendara yang nyaman dan terbaik, terasa juga meningkatkan handling berkendara model S 125 i-Get ketika bermanuver di jalan raya. Ini sangat mendukung untuk berkendara di Jakarta yang terbilang ramai dengan kendaraan lain, dan handling berkendara sangat diperlukan.

    Test Ride New Vespa S 125 i-get, Semakin Cocok untuk Kaum Urban
     
    Selain itu, S 125 i-Get juga didukung teknologi double-swinging arm baru dengan fitur 2 degrees of freedom untuk mengurangi getaran mesin. Ini sangat membantu mengurangi rasa lelah selama berkendara dan lebih nyaman untuk dikendarai.
     
    Sektor jantung pacu masih mengusung mesin 3 katup 124,5 cc berdaya sebesar 10,2 daya kuda @ 7.600 rpm dan torsi 10,2 Nm @ 6.000 rpm. Meski pihak Piaggio tidak merinci perubahan setup, namun terasa putaran mesin di bawah lebih responsif, dan ini sangat cocok untuk menghadapi karakteristik jalanan ibukota yang banyak 'stop n go'.
     
    Kekurangan terasa di bagian tombol klakson dan starter skuter. Posisi tombol klakson lebih menjorok ke dalam sehingga sedikit menyulitkan untuk ditekan, dan tombol starter menjorok ke luar. Mungkin akan lebih nyaman jika tombol klakson dibuat lebih menjorok ke luar agar lebih mudah ditekan, dan tombol starter dibuat lebih menjorok ke dalam agar tidak mudah terpencet.
     

    Kesimpulan dan Alternatif Pilihan

    Test Ride New Vespa S 125 i-get, Semakin Cocok untuk Kaum Urban

    Secara keseluruhan, tester rider Medcom.id menilai peningkatan yang dilakukan untuk S 125 i-Get sangat terasa dan signifikan. Sehingga konsumen yang ingin berkendara dengan sensasi skuter Italia bisa menebusnya dengan harga Rp 39 juta (on the road DKI Jakarta).
     
    Kalau berbicara kompetitor, bisa dibilang tidak ada model skuter 125 cc yang dibanderol rentang harga serupa. Bahkan untuk Honda ADV 150 ABS hanya dibanderol Rp 37,8 juta (on the road DKI Jakarta) atau Yamaha Nmax ABS di harga Rp 32,2 juta (on the road DKI Jakarta).

    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id