Teknologi Otomotif

    Membedakan Teknologi Pengereman CBS dan ABS

    Ekawan Raharja - 25 Mei 2021 14:00 WIB
    Membedakan Teknologi Pengereman CBS dan ABS
    Ilustrasi. Medcom.id/Ahmad Garuda



    Denpasar: Sistem pengereman menjadi salah satu sektor yang cukup aktif dikembangkan, dan akhirnya melahirkan sejumlah sistem. Di pasar otomotif Indonesia, khususnya di sektor sepeda motor, konsumen bisa memilih antara sistem CBS dan ABS.
     
    CBS merupakan singkatan dari Combi Brake System dan ABS merupakan singkatan dari Anti-Lock Braking System. Kedua teknologi pengereman ini bekerja untuk memaksimalkan pengereman ketika melakukan pengereman mendadak yang kuat selama perjalanan, meski dengan sistem kerja yang berbeda.
     
    Kalau melihat sistem kerjanya, CBS adalah sistem pengereman yang menggabungkan pengereman rem depan dan belakang, di mana mekanisme kerjanya adalah Ketika rem belakang ditekan kuat maka secara otomatis rem depan juga ikut bekerja melakukan pengereman. Sehingga jarak perlambatan kendaraan menjadi berkurang. 
     
    Sebagai contoh Ketika melakukan pengereman mendadak hanya dengan rem belakang saja, sepeda motor baru berhenti pada jarak 100 Meter kemudian. Dengan menggunakan sistem CBS, sepeda motor dapat berhenti pada jarak 50 Meter.
     
    Sedangkan ABS dapat mencegah roda menjadi terkunci dengan cara mengatur secara otomatis pengereman melalui proses melepas-menekan sistem rem dengan sangat cepat. Sehingga saat pengemudi mengerem mendadak ,kendaraan masih dapat dikendalikan dan roda tidak terkunci sehingga terhindar dari kecelakaan.



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id