Zero SR/F yang Melebihi Spesifikasi LMPV di Indonesia

    Ekawan Raharja - 18 Maret 2019 10:19 WIB
    Zero SR/F yang Melebihi Spesifikasi LMPV di Indonesia
    Zero SR/F merupakan sepeda motor full listrik yang mengandalkan kombinasi baterai dan motor listrik. Zero Motorcycle
    Jakarta: Pengembangan kendaraan listrik kini menjadi prioritas banyak produsen kendaraan bermotor, termasuk produsen sepeda motor dan mobil. Di segmen sepeda motor juga tidak ketinggalan dengan kehadiran beragam sepeda motor listrik dengan berbagai model, termasuk Zero Motorcycle yang menghadirkan Zero SR/F.

    Pabrikan asal Amerika Serikat ini memproduksi sebuah sepeda motor bergaya naked bike dengan tampilan yang sangat gagah. Perlu diperhatikan bahwa Zero SR/F merupakan sepeda motor full listrik yang mengandalkan kombinasi baterai dan motor listrik.

    Bisa dilihat di bagian bawah tangki yang biasanya di isi dengan blok mesin, kini beralih untuk meletakan baterai. Baterai lithium-ion ZF 14.4 yang digunakan mampu mengecas 95 persen cukup 1,5 jam, juga bisa memiliki hingga 10 mode berkendara, dan bisa menembus jarak hingga 260 kilometer cukup sekali pengecasan. Semua itu berkat OS (operating system) Cypher III control system  dan Rapid Charge yang mereka benamkan untuk sepeda motor listriknya tersebut.

    Kemudian sebagai padanan baterai yang digunakan, produsen motor listrik ini memberikan motor listrik ZF75-10 bertenaga 111,5 daya kuda dan torsi 190 nm. Kecepatan puncaknya bisa mencapai 200 kilometer per jam yang sudah dibatasi.

    Zero SR/F yang Melebihi Spesifikasi LMPV di Indonesia

    Tenaga yang dimiliki sepeda motor ramah lingkungan ini memang lebih kuat dari low multi purpose vehicle (LMPV) yang ada di Indonesia. Sebut saja Suzuki Ertiga dengan mesin K15B, berkapasitas 1.500 cc, memiliki tenaga 103,2 daya kuda di @6.000 rpm dan torsi 138 nm di @4.400 rpm. Kemudian Toyota Avanza mengandalkan mesin 1.496 cc DOHC Dual VVT-i bertenaga 102,5 daya kuda dan torsi 136 nm.

    Berbicara sistem keamanan berkendara, Zero SR/F dilengkapi dengan Bosch Motorcycle Stability Control (MSC). Selain pengereman ABS (anti-lock brake system), fitur lain yang terintegrasi meliputi cornering brake control, traction control, dan drag torque control.

    Disebutkan juga Zero SR/F memiliki 10 mode berkendara yang bisa disesuaikan oleh pemilik. Tampilan itu bisa dilihat pengendara melalui layar TFT di area kemudi.

    Melihat rangkanya, Zero SR/F sudah menggunakan sepeda motor rangka model teralis yang dipadukan dengan suspensi upside down Showa di depan berdiameter 43 mm dan monoshock di belakang berdiameter 40 mm yang bisa diatur kekerasannya. Sedangkan urusan ban menggunakan Pirelli Diablo Rosso III.

    Zero SR/F yang Melebihi Spesifikasi LMPV di Indonesia

    Harga Zero SR/F di Amerika Serikat mulai USD 18.995 (Rp 270,5 juta) dengan peranti standar pengecasan 3kWh. Tipe termewah dengan 6kWh rapid charger, layar digital fly screen, penghangat grip, serta aluminium bar end dilego dengan nilai USD$ 20.995 (Rp 298,9 juta).

    Zero SR/F tentu akan menjadi lawan yang sepadan untuk Harley-Davidson LiveWire. Elang Amerika ini juga dibanderol  dengan harga USD29.799 atau sekitar Rp421 juta. Konsumen pun dijanjikan bahwa pengiriman Elang Amerika ini akan dilakukan per Agustus 2019.

    Disebutkan rival Zero SR/F ini menggunakan baterai yang dapat menempuh jarak hingga 177 kilometer sekali pengisian. Sayangnya pabrikan asal Amerika Serikat ini masih belum memaparkan kapasitas baterai dan spesifikasi detail lainnya, termasuk detail motor listrik yang digunakan masih dirahasiakan. Mereka hanya membeberkan akselerasi 0-100 kilometer per jam (kpj) bisa mencapai 3,5 detik.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id