comscore

Yamaha Bakal Tes Pasar E01 Mulai Juli 2022

Ahmad Garuda - 22 April 2022 16:38 WIB
Yamaha Bakal Tes Pasar E01 Mulai Juli 2022
Motor listrik Yamaha E01 memasuki tahap tes pasar. medcom.id/ahmad garuda

Menurut President Director PT YIMM, Minoru Morimoto, bahwa baterai di motor listrik itu sifatnya personal. “Kalau baterai menggunakan siatem swap atau ganti pakai, kita tidak pernah tahu soal history penggunaan baterai. Apakah masih bisa mencapai peak performance atau malah sudah drop. Kalau sistemnya fix battery, kita tahu sendiri kondisi motor yang kita gunakan seperti halnya smartphone masing-masing,” tegas Morimoto San.

Terdaftar di kelas 125cc


Dalam pemaparan lanjutan di sesi webinar tersebut, Engineer Project Leader E01 yaitu Takuya Maruo, memaparkan bahwa motor ini akan didaftarkan di segmentasi setara dengan motor skuter matic 125 cc.

"Baterainya memiliki kapasitas 4,9 kWh yang sanggup melepas tenaga sebesar 8,1 kW pada kitiran 5,000 RPM. Bagian yang istimewa adalah karena motor ini sanggup memuntahkan torsi sebesar 30,2 Nm," klaim Maruo.
Torsi yang sangat besar ini nyaris menyamai gabungan torsi 3 unit Nmax. Namun jangan takut, lantaran torsi besar ini akan dikawal oleh fitur kontrol traksi, agar tetap aman. Adapun maksimal kecepatan yang sanggup diakomodasi motor ini adalah 100 km per jam.

Sementara jarak tempuhnya adalah sejauh 100 km sebelum melakukan pengisian ulang baterainya kembali. Jika melihat konfiguasi penempatan baterai, motor ini menempatkan baterainya di bawah dek. Sehingga bobot motor berada di bagian bawah yang membuat motor lebih stabil. 

Begitu juga dengan penempatan dapur pacu listriknya yang berada tepat di belakang baterai. Rotor penggerak yang sejajak dengan pivot lengan ayun, diklaim punya keunggulan tersendiri, terutama membuat penggunaan v-belt lebih stabil. Wajar jika penempatan lengan ayun dialokasikan di bagian tengah, untuk membuat gerak mengayun roda belakang lebih melengkung.

Tiga mode berkendara


Motor ini diklaim punya tiga mode berkendara untuk menyesuaikan dengan kondisi. Tiga mode tersebut adalah mode Power yang mengeluarkan maksimal tenaga dan torsi motor ini yaitu 8,1 kW dan sanggup berakselerasi 30,2 Nm. Kecepatannya bisa menyentuk 100 km per jam dan bisa jadi ini akan mempersingkat jarak tempuhya. 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id