Teknologi Otomotif

    Ducati Kembangkan Seamless Shift Gearbox, Teknologi dari MotoGP

    Ekawan Raharja - 24 November 2020 14:00 WIB
    Ducati Kembangkan Seamless Shift Gearbox, Teknologi dari MotoGP
    Penerapan seamless shift gearbox ini akan membuat transmisi melakukan perpindahan gigi, tanpa adanya jeda yang membuat penyaluran tenaga tidak maksimal. Ducati
    Jakarta: Keikutsertaan sejumlah pabrikan di MotoGP dibarengi dengan riset untuk menghadirkan teknologi baru yang bisa diterapkan untuk motor di jalan raya. Ducati juga tidak ketinggalan melakukan riset gearbox dengan menurunkan teknologi di MotoGP untuk diproduksi massal.
     
    Jenama asal Italia ini sedang mengembangkan seamless shift gearbox yang bisa digunakan untuk motor-motor yang berada di jalanan. Mereka sedang meracik bagaimana teknologi ini bisa cocok, baik dari segi ukuran, biaya, dan berat.
     
    Seamless shift gearbox yang dikembangkan Ducati ini sebenarnya mirip dengan dual-clutch transmission yang sudah digunakan oleh Honda. Bahkan pabrikan asal Jepang itu sudah mengaplikasikan di model Africa Twin, namun ini memiliki kendala cukup rumit dan lebih cocok untuk digunakan motor touring dibandingkan motor berperforma tinggi.
     
    Ducati Kembangkan Seamless Shift Gearbox, Teknologi dari MotoGP

    Selain itu, tim pabrikan lainnya juga memiliki teknologi serupa yang sudah digunakan di MotoGP. Mereka urun membawanya ke motor produksi massal karena biayanya yang tinggi dan tentu akan berpengaruh terhadap harga jual motornya.
     
    Kembali ke Ducati, seamless shift gearbox yang dikembangkan ini berbeda dengan sistem dual-clutch transmission yang menganut kopling ganda. Namun gearbox ini akan menggunakan kombinasi roller bearing yang dapat terkunci.


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id