Recall Motor

    Perkara Stiker Mudah Lepas, Seri BMW R 1250 Recall

    Ekawan Raharja - 08 September 2020 12:00 WIB
    Perkara Stiker Mudah Lepas, Seri BMW R 1250 Recall
    BMW R 1250 GS. BMW
    Amerika Serikat: Program recall atau pemanggilan kembali kendaraan ke bengkel resmi biasanya berkaitan dengan resiko kerusakan dari pabrikan dan berkaitan dengan keselamatan. Bahkan di Amerika Serikat, perkara stiker pun bisa menjadi masalah dan recall pun bisa dilakukan.
     
    Hal ini terjadi untuk sepeda motor BMW, khususnya seri R 1250 yang mengalami masalah stiker karena mudah lepas. Jenama asal Jerman ini memiliki melakukan recall 447 sepeda motor BMW yang dijual di Amerika Serikat, mulai dari model RT, R, RS, GS, dan GS Adventure.
     
    Badan Nasional Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Amerika Serikat (National Highway Traffic Safety Administration/NHTSA) menjelaskan untuk model tahun 2021 memiliki permasalahan stiker tekanan angin di model-model tersebut mudah terkelupas. Sehingga apabila stiker itu lepas, maka motor-motor ini tidak sesuai dengan standar keamanan.
     
    Meskipun tampak sepele, namun stiker ini sangat penting karena memuat informasi tekanan angin yang disarankan oleh pabrikan. Apabila ban mengalami kurang atau kelebihan tekanan angin, maka akan sangat berbahaya bagi pengendaranya.
     
    Sebenarnya informasi tekanan angin ini juga bisa ditemui di buku manual. Tetapi para pengendara tentu jarang sekali membawa buku manual selama perjalanan, apalagi untuk masalah isi angin saja. Sehingga sebagai solusinya, pabrikan menempelkan stiker mengenai tekanan angin di sepeda motor.
     
    Motor yang terdampak recall adalah motor yang diproduksi antara 18 Mei hingga 10 Juli 2020. Pabrikan akan menghubungi pemilik melalui surat dan mengundang mereka untuk membuat janji dengan dealer resmi mereka untuk ganti stikernya.

    (ACF)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id