Cari Bibit Pembalap, Yamaha Bikin OMR Regional Eropa

    Ahmad Garuda - 14 Februari 2019 14:30 WIB
    Cari Bibit Pembalap, Yamaha Bikin OMR Regional Eropa
    Yamaha buka balap satu merek tingkat Eropa. WheelsMag
    Jakarta: Pembibitan pembalap yang dilakukan Honda dengan level yang cukup luas, membuat pabrikan lain harus menempuh jalur berbeda. Jika Honda melakukan pembibitan pembalap dengan cara penjenjangan bertahap ke ajang dunia, Yamaha secara perlahan juga membangun kejuaraan sendiri di Eropa.

    Kejuaraan tersebut terutama bagi pembalap berusia belia mulai 13-19 tahun. Pembatasan jenjang usia ini sudah ditentukan agar program mereka benar-benar tepat sasaran. Bukan dengan memaksakan pembalap yang sudah berusia di atas 20 tahun tapi masih mengikuti ajang balap ini.

    Dilansir dari GPOne, formula pembibitannya cukup mudah. Mereka bakal menggelar balap satu merek atau one make race (OMR) di zona kontinental Eropa. Menggunakan motor yang berbasis dari Yamaha R25 yaitu YZF-R3, ajang yang dinamai dengan The Yamaha R3 bLU cRU European Cup itu bakal jadi pembibitan pembalap muda Yamaha.

    Uniknya, mereka juga akan digelar di beberapa sirkuit internasional seperti Jerez-Spanyol, Portimao-Portugal. Kemudian juga akan digelar di beberapa sirkuit di Republik Ceko, Italia, Swedia, Prancis dan Hongaria. Promotor balapnya adalah JiR yang berada di bawah kendali FIM Eropa.

    Dari sisi teknis, tentu motor ini lebih banyak komponen standarnya. Namun ada beberapa penyesuaian yang dilakukan regulator untuk membuatnya aman untuk dikebut di lintasan balap. Misalnya penggunaan ban balap, lalu suspensi dan knalpot. Sementara non teknis juga dari sisi jok yang diganti dengan busa rigid.

    Untuk paket mesinnya, Yamaha bakal membekali motor ini dengan paket balap atau race kit. Motor yang ditawarkan beserta paketnya adalah EUR22 ribu atau sekitar Rp350 juta. Jika dibandingkan dengan membawa motor sendiri dan melakukan modifikasi yang sesuai regulasinya, tentu lebih baik membeli paket jadi dan tinggal membawa pembalap saja.

     



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id