BMW Motorrad E-Power Roadster Mulai Uji Coba di Jalan

    Ekawan Raharja - 15 Desember 2019 11:34 WIB
    BMW Motorrad E-Power Roadster Mulai Uji Coba di Jalan
    BMW Motorrad e-Power Roadster yang sedang di uji coba. BMW Motorrad
    Munchen: Bukanlah sebuah rahasia jika BMW Motorrad sekarang ini sedang mengembangkan sepeda motor sport bertenaga listrik. Kini mereka sudah mulai memamerkan sepeda motor tersebut kepada masyarakat di jalanan benua Eropa.

    Tidak usah tergesa-gesa membelinya, sepeda motor ini belum diluncurkan karena sekarang masih di tahap uji coba jalan. E-Power Roadster yang sedang diuji coba ini menjadi prototipe bermodel sport.

    E-Power Roadster menampilkan sejumlah fitur terbaru, mulai dari sistem mekanis listrik hingga teknologi baru tanpa menggunakan rantai atau sabuk sebagai penggerak roda belakang. Untuk menggerakan roda belakang motor, E-Power Roadster mendapatkan teknologi khusus melalui poros motor.

    Uji coba jalan ini tampaknya juga sebagai uji coba sebuah sepeda motor untuk menuju fase produksi massal. Kami menilai uji coba ini lebih kepada uji coba aplikasi teknologi motor listrik yang dimiliki oleh BMW.

    BMW Motorrad E-Power Roadster Mulai Uji Coba di Jalan

    Pendapat kami berdasarkan desain E-Power Roadster yang masih mencaplok S1000R dan bagian belakang milik R1200RS. Soal kerangkanya masih menggunakan teralis yang khusus untuk mengangkut baterai dan motor listrik yang cukup besar.

    Teknologi yang diusung oleh E-Power Roadster bisa dibilang pinjaman dari mobil BMW. Semisal baterai 13 kW menggunakan Seri-2, dan motor listrik bertenaga 136 daya kuda milik Seri-7 Long Wheel Base (LWB) edisi khusus Tiongkok.

    Kombinasi keduanya menghasilkan catatan akselerasi 0-100 kilometer per jam 2,9 detik. Pengisian daya bisa dicapai dalam waktu kurang dari satu jam, walau belum benar-benar penuh.

    Sayangnya masih ada kekurangan yang dimiliki oleh kombinasi kedua komponen utama ini, yakni masalah bobot. Sepeda motor ini memiliki bobot mencapai 289 kilogram, mamun merek Jerman ini mengklaim bisa mereduksi 30 kilogram lagi.

    Akankah teknologi ini diaplikasikan sebagai sepeda motor listriknya?



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id