Intip Kemolekan Motor Klasik BSA DBD34 Gold Star

    M. Bagus Rachmanto - 27 November 2019 14:48 WIB
    Intip Kemolekan Motor Klasik BSA DBD34 Gold Star
    BSA DBD34, motor klasik yang menawarkan desain eksotis di jamannya. Pipeburn
    Inggris: Bermacam jenis motor mulai ditawarkan untuk berbagai keperluan usai perang dunia kedua. Salah satu motor tercantik yang ditawarkan pada era itu adalah DBD34 Gold Star produksi pabrikan BSA.
     
    Motor produksi tahun 1956 tersebut mengusung mesin berukuran 500 cc air-cooled OHV single. Soal kekuatan, salah satu seri Gold Star ini mampu menghasilkan 40 daya kuda dan melaju hingga 180 kilometer per jam (kpj).
     
    Secara penampilan pun motor produksi Inggris ini terbilang sangat gagah dan mentereng. Pada bagian setang menggunakan setang jepit layaknya motor balap. Bagian tangki di chrome dan knalpot yang membentang hingga ke belakang membuat DBD34 kian menegaskan kegagahannya.

    Meski motor tersebut sudah dihentikan produksinya sejak tahun 1963, namun permintaan DBD34 tetap tinggi. Salah satu pemilik DBD34 Gold Star adalah Don Morley. Pria yang bekerja sebagai fotografer tersebut mengakui memiliki 10 jenis motor Gold Star, termasuk tipe DBD34.
     
    Don Morley pertama kali membeli motor bekas DBD34 di tahun 1960. Hingga saat ini, dia sering menggunakan motor DBD34 untuk berkendara di jalan raya dan berpergian untuk urusan pekerjaanya.
     
    "Motor ini memiliki gearbox ratio yang sangat dekat namun nafas setiap gear-nya sangat panjang. Saya rasa motor ini sangat tidak mungkin untuk dikendarai saat jalanan macet. Anda dapat memacu motor ini hingga 96 kpj dan sangat menyenangkan mengedarainya di jalan yang sepi," jelas Don Morley saat berbicara kepada Motorcyclenews.
     
    Nama Gold Star sendiri diambil dari pencapaian Wal handley di Sirkuit Brooklands yang mampu berbelok dengan kecepatan rata-rata 160 kpj pada tahun 1937. Atas pencapaian yang luar biasa tersebut, dia dianugrahi Brooklands Gold Star. Kemudian semenjak 1938, BSA mengganti nama seri motor Empire Star menjadi Gold Star.


    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id