Tips Menjual Motor Bekas

    Jual Motor Cara Cerdas, Manfaatkan Fitur Inspeksi

    Ahmad Garuda - 12 Maret 2019 17:19 WIB
    Jual Motor Cara Cerdas, Manfaatkan Fitur Inspeksi
    Jual atau beli motor bekas, sebaiknya manfaatkan fitur inspeksi kendaraan untuk mengetahui kondisi sebenarnya kendaraan Anda. ScreenShot Otomoto
    Jakarta: Jual-beli kendaraan bekas pakai, memang masih rentan dengan kondisi yang tidak seharusnya seperti yang diharapkan. Terlebih jika melakukan aktifitas jual-beli melalui aplikasi marketplace otomotif. Namun saat ini ada trik yang juga bisa dimanfaatkan, yaitu fitur inspeksi.

    Di segmen motor bekas, bagi pembeli, ini adalah fitur yang akan sangat membantu mereka mengetahui kualitas motor yang akan Ia beli. Mengingat saat ini, motor adalah kendaraan yang paling banyak jadi barang untuk menipu penjual. Misalnya komponen mesin sudah diganti beberapa bagian meski terlihat sama.

    Menurut Head of Operation OtoMoto, Susi Irawaty saat meluncurkan program Jubel Moto di Otomoto, bahwa hal inilah yang berusaha mereka manfaatkan. Sehingga baik pembeli ataupun penjual, masing-masing puas dengan kondisi kendaraan yang mereka beli.

    "Sebenarnya, aplikasi ini bukan aplikasi marketplace seperti yang lain. Mengingat kami hanya memanfaatkan jaringan mitra bengkel motor sebagai main business kami. Tapi kami juga membantu mereka untuk mendapatkan motor dengan penawaran terbaik. Lantaran tidak berbasis marketplace, makanya kami tidak menentukan usia kendaraan yang dijual," klaim Susi.

    Salah satu hal yang membuat Susi sangat optimis bisa dimanfaatkan oleh mereka yang mencari kendaraan roda dua adalah rekomendasi dari hasil inspeksi kendaraan yang mereka lakukan. Rekomendasi ini berupa rating yang diberikan di bagian kanan bawah foto motor yang mereka pajang di web tersebut.

    "Motor-motor ini kami pajang, sebagai opsi untuk mendapatkan penawaran terbaik. Jadi penjual motor yang menentukan harga terbaiknya untuk konsumen. Sementara untuk best price, konsumen akan mendapatkan penawaran terbaik dari mitra showroom otomoto. Biasanya untuk kategori penjualan best price ini, adalah mereka yang tak ingin menunggu lama motornya laris tapi harganya tidak jatuh terlalu jauh," klaim Susi.

    Soal harga terbaik ini, tentu banyak faktor penentunya. Mulai dari persuratan yang lengkap, lalu jatuh tempo pembayaran pajak masih lama atau sudah dekat. Lalu kemudin orisinalitas kendaraan hingga bodi yang masih mulus atau sudah banyak bagian yang lecet.

    Paling tidak, menurutnya lagi, sebelum menjual kendaraan, sang penjual sudah mengetahui secara pasti kondisi motornya. Sehingga ketika mendapat penawaran harga dari mitra showroom aplikasi ini, tidak kaget lagi.

    Beberapa marketplace otomotif juga sudah menyiapkan fitur inspeksi kendaraan seperti ini. Lantaran mereka ingin menjaga kualitas kendaraan bekas yang dijual melalui brand mereka, benar-benar sesuai dengan harapan dan tak ada unsur penipuan. Katakanlah Momotor.id yang menggunakan fitur ini khusus untuk roda dua, sementara OLX baru seputar kendaraan roda empat.

    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id