Menjaga Keseimbangan Motor Cegah Biker Hilang Kendali

    M. Bagus Rachmanto - 21 Oktober 2019 10:41 WIB
    Menjaga Keseimbangan Motor Cegah Biker Hilang Kendali
    Jaga konsentrasi untuk menjaga keseimbangan motor. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
    Jakarta: Mengendarai sepeda motor merupakan hal yang sangat mengasikkan bagi pecinta kendaraan roda dua. Tapi perlu diingat, berkendara menggunakan sepeda motor lebih berisiko dibandingkan kendaraan bermotor lain seperti mobil. Sepeda motor juga membutuhkan keahlian khusus, agar lebih aman saat berkendara.

    Kecelakaan tunggal yang melibatkan sepeda motor salah satu kejadian terbesar yang ada di Indonesia. Sering hilang kendali dan tidak terjaganya keseimbangan disebut jadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan. 

    Untuk mencegah hal tersebut, Wahanahonda berbagi tips safety riding tentang keseimbangan sepeda motor, agar tetap aman berkendara di jalan raya. 

    Menjaga Keseimbangan Sepeda Motor
    Hilang kendali saat berkendara sepeda motor sangatlah berbahaya, karena tidak hanya membahayakan diri sendiri, tapi pengendara lain. 

    Hilangnya keseimbangan sepeda motor bisa disebabkan banyak faktor. Berikut faktor yang menyebabkan sepeda motor kehilangan keseimbangan dan hilang kendali.

    1. Memacu kecepatan dengan kecepatan yang sangat tinggi. Di kecepatan yang tinggi kita akan lebih sulit untuk menjaga keseimbangan, karena dengan gangguan sedikit saja maka akan berakibat fatal. 

    2. Tidak mengetahui kondisi jalan jadi salah satu faktor penyebab hilang kendali yang paling banyak, lantaran pengendara tidak paham dengan medan jalan yang dilalui, seperti kondisi jalan rusak, kondisi jalan bergelombang, dan banyak lagi.

    3. Hilang konsentrasi. Tidak berkonsentrasi atau kehilangan konsentrasi saat berkendara bisa menjadi penyebab utama kehilangan keseimbangan. Contohnya seperti mengantuk dan kelelahan.

    Selain menjaga keseimbangan, hal lain yang harus dilakukan bikers adalah dengan perilaku pencegahan. Tujuannya untuk meminimalisir kecelakaan di jalan raya.

    Menjaga Kecepatan 
    Sangat jelas bahwa saat kecepatan tinggi kita akan lebih kesulitan dalam menjaga keseimbangan, sehingga di kecepatan tinggi kita akan memiliki resiko hilang kendali yang sangat besar, terutama untuk para pengendara sepeda motor. Rambu batas kecepatan dibuat bukan tanpa alasan, di beberapa tempat seperti di jalan yang banyak kelokan, dan juga jalan yang bergelombang tentunya batas kecepatannya cukup rendah dan sangat beresiko jika memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. 

    Perlu diingat jika berjalan di jalanan yang belum pernah Anda lewati sebaiknya jangan memacu sepeda motor terlalu kencang. Karena Anda tidak tahu kondisi jalan seperti apa yang akan dilalui, sehingga dengan menjaga batas aman kecepatan bisa menjadi lebih waspada. 

    Jangan Berkendara Ketika Badan Lelah
    Kelelahan adalah musuh utama bagi biker. Saat badan lelah Anda tidak bisa berkonsentrasi dengan baik, dengan hilangnya konsentrasi resiko kehilangan kendali sepeda motor akan menjadi meningkat. Dengan mengetahui hal ini tentunya Anda harus mengatur kondisi fisik dan juga badan kita, terlebih saat perjalanan jauh.

    Ada baiknya beristirahat setiap dua jam sekali, jika memang perjalanan yang ditempuh cukup panjang dan membutuhkan waktu lama. Dengan cara ini Anda akan menjadi lebih fresh dan lebih bisa berkonsentrasi dengan lebih baik. 

    Periksa Kondisi Sepeda Motor Sebelum Berkendara
    Memeriksa kendaraan sepeda motor secara berkala salah satu cara mengetahui kondisi sepeda motor Anda. Memeriksa kondisi sepeda motor sebelum melakukan perjalanan, bisa mengetahui kerusakan yang terjadi sebelum berkendara. 

    Mempelajari Kondisi Lingkungan Sekitar  
    Bagi biker yang hendak melakukan perjalanan jauh, ada baiknya mempelajari dan mencari tahu tentang kondisi jalan yang akan dilewati. Dengan mengetahui kondisi jalan yang akan dilalui Anda cenderung lebih waspada dan tidak gegabah. Pastikan untuk riset dahulu seperti apa kondisi jalan yang akan kamu lalui. 



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id