Industri Otomotif

    Imbas Virus Corona, Honda Tutup Sementara Dua Pabrik Motor

    M. Bagus Rachmanto - 29 Januari 2020 10:48 WIB
    Imbas Virus Corona, Honda Tutup Sementara Dua Pabrik Motor
    Ilustrasi. Tecnologytimes
    Tiongkok: Dampak penyebaran wabah virus Corona di Tiongkok mengancam perekomonian negara tersebut lantaran berimbas terhadap ke beberapa sektor industri, seperti otomotif dan teknologi.

    Tidak hanya demi mencegah penyebaran lebih luas, tapi secara tidak langsung isolasi beberapa kota di Tiongkok selama beberapa minggu membuat banyak fasilitas produksi tidak berjalan optimal. 

    Dilaporkan Rideapart, Honda Motor Company salah satu yang mengumumkan penutupan pabrik kendaraan roda dua atau sepeda motornya di Tiongkok hingga 9 Februari 2020. Sebelumnya perusahaan telah mengumumkan untuk menutup pabrik pada 28-30 Januari berkaitan dengan libur Imlek. Namun, karena wabah virus yang Corona mematikan ini, pemerintah Tiongkok telah meminta semua bisnis untuk tetap tutup hingga setidaknya 8 Februari.

    Dua fasilitas pabrik yang dilaporkan ditutup adalah pabrik yang dioperasikan oleh Sundiro Honda Motorcycle Company, anak perusahaan Honda Tiongkok yang kantornya berpusat Shanghai. Pabrik Tianjin Honda memiliki kapasitas produksi tahunan 350.000 sepeda motor, sedangkan pabrik Taicang dapat memproduksi 500.000 unit. Keduanya memproduksi sekitar 40 persen kebutuhan domestik sepeda motor Honda.

    Meskipun tidak ada pabrik yang terletak di Provinsi Hubei, Wuhan, sebagai pusat penyebarannya, semua negara dalam keadaan siaga tinggi, karena penyebaran virus Korona ini terus meningkat. Perusahaan berharap pekerjanya di dua pabrik Honda ini sudah bisa masuk kembali 3 Februari 2020.

    Sementara untuk penutupan tiga pabrik Honda yang memproduksi kendaraan roda empat atau mobil yang berlokasi di Wuhan, belum ada pengumuman lebih lanjut sehubungan dengan wabah tersebut. 

    China National Health Commission minister, Ma Xiaowei mencatat bahwa wabah virus Korona ini lebih rumit untuk dilawan karena wabah ini dapat ditularkan bahkan selama masa inkubasinya. Dikatakan wabah virus Korona berbeda dibangding virus lainnya sepert SARS dan MERS yang tidak menular selama inkubasi.

    The Centers For Disease Control menyebutkan sampai saat ini belum diketahui tentang kapan dan bagaimana virus itu bisa menyebar pertamakali. Tapi beberapa kasus dikonfirmasi dan dilaporkan jika wabah virus Korona juga pernah menjangkit wilayah Amerika Serikat (AS) dan Kanada, meliputi wilayah Arizona, California, Illinois, dan Washington.

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id