Peringati WDOR, Masyarakat Kampanye Keselamatan Berkendara di Jalan

    Ekawan Raharja - 18 November 2019 08:53 WIB
    Peringati WDOR, Masyarakat Kampanye Keselamatan Berkendara di Jalan
    Kampanye bahaya di jalan dalam rangka memperingati WDOR. RSA
    Jakarta: Seluruh negara setiap tahun menjadikan tanggal 17 November sebagai Hari Mengenang Korban Kecelakaan Lalu Lintas Dunia atau 'World Day of Remembrance for Road Traffic Victims' (WDOR). Hari ini menjadi peringatan bagi pengguna jalan di seluruh dunia bahwa jalanan bisa sangat berbahaya dan memakan korban jiwa.
     
    Road Safety Association (RSA) Indonesia pada Minggu (17/11/2019) melakukan kampanye di jalan dengan membentangkan spanduk berisikan data-data kecelakaan di jalan. Semangat LSM Keselamatan Jalan di Indonesia ini tak pernah surut untuk terus berupaya menurunkan angka fatalitas kecelakaan lalu lintas dengan menggandeng seluruh pengguna jalan.
     
    “Hari ini semua elemen pengguna jalan, pemotor, pemobil, pesepeda juga pejalan kaki bersatu, hilangkan friksi. Kami mengajak masyarakat untuk mencegah kecelakaan dengan selalu mematuhi aturan lalu lintas sekaligus menyelamatkan anak bangsa dari kecelakaan lalu lintas,” kata Badan Kehormatan RSA, Rio, di Perempatan Jatiwaringin, Pangkalan Jati, Jakarta Timur.
     
    Peringati WDOR, Masyarakat Kampanye Keselamatan Berkendara di Jalan

    Selain mengenang korban kecelakaan lalu lintas dunia, RSA Indonesia juga menggelar 'People's Declaration' atau Deklarasi Bersama. Penandatanganan deklarasi ini merupakan pergerakan dari Aliansi Global LSM keselamatan seluruh dunia, dan Indonesia diwakili oleh LSM Keselamatan Jalan, Road Safety Association (RSA) Indonesia.
     
    Deklarasi ini juga bagian dari komitmen bersama atau 'Commit To Act' dalam melaksanakan program Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang telah mencanangkan bersama seluruh negara di dunia untuk menurunkan angka fatalitas kecelakaan hingga 50 persen di tahun 2030.
     
    Menurut Rio, hasil dari tanda tangan deklarasi 'Commit to Act' ini akan diumumkan pada pertemuan LSM Keselamatan Jalan Sedunia yang akan berlangsung di Swedia, pada 18 Februari 2020. Pertemuan tersebut akan dihadiri oleh pemerintah seluruh negara dibawah PBB yang berkomitmen untuk menurunkan angka fatalitas kecelakaan lalu lintas.
     
    Peringati WDOR, Masyarakat Kampanye Keselamatan Berkendara di Jalan

    RSA Indonesia juga membuka penandatanganan deklarasi bersama 'Commit to Act' secara online melalui situs khusus. RSA Indonesia mengapresiasi semua peserta yang telah meluangkan waktu dalam acara peringatan WDOR 2019 ini.
     
    Hadir sekitar 70an orang dari klub dan komunitas pengguna jalan, diantaranya komunitas sepeda motor, komunitas pesepeda, komunitas pejalan kaki, komunitas driver ojek online, dan relawan ranjau paku. Sementara dari pihak keselamatan jalan di Indonesia hadir perwakilan Kementerian Perhubungan dalam hal ini Direktorat Perhubungan Darat, Kementerian Kesehatan, serta bantuan pengamanan dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Satpol PP Jakarta Timur.
     
    “RSA menyampaikan penghargaan setinggi tingginya buat semua rekan rekan yang hadir meluangkan waktu sejak pagi jam 8 hingga jam 12 siang, mengajak pengguna jalan untuk selalu berperilaku aman dan selamat saat berlalu lintas,” pungkas Rio.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id