Klub dan Komunitas

    160 Komunitas Motor Sebarkan Virus Keselamatan di SCA

    M. Bagus Rachmanto - 22 Desember 2019 11:00 WIB
    160 Komunitas Motor Sebarkan Virus Keselamatan di SCA
    Penghargaan untuk komunitas motor se-Jedabotabek di Safety Campaign Award 2019. Adira
    Jakarta: Berdasarkan data kepolisian kecelakaan lalu lintas pada 2018 didominasi sepeda motor. Meski sepeda motor menyumbang jumlah kecelakaan yang tinggi tapi sepeda motor tetap diminati masyarakat. Alasannya karena dianggap lebih murah, lebih fleksibel saat menerobos kemacetan dan lebih cepat waktu dibandingkan dengan transportasi publik yang tersedia.
     
    Guna meminimaliasir kecelakaan tak cukup jika hanya dilakukan sendirian oleh peran kepolisian, karena dibutuhkan peran seluruh elemen masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran disiplin berlalu lintas, sehingga tercipta rasa aman berkendara.
     
    Peran generasi muda jadi hal utama yang difokuskan semua pihak untuk menularkan keselamattan berkendara dan menanamkan disiplin berkendara sejak dini. Terlebih saat ini banyak dari mereka sebagai biker yang tergabung dalam komunitas sepeda motor.

    Menutup tahun 2019, PT Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) untuk keenam kalinya gelar penghargaan Safety Campaign Award (SCA). Acara yang digelar di Kantor Pusat Adira Insurance ini (20/12/2019) bertujuan untuk mengajak berbagai komunitas motor se-Jadetabek untuk peduli keselamatan di jalan.

    “Adira Insurance tidak pernah berhenti untuk terus menularkan virus road safety dengan berbagai program. SCA menjadi salah satu strategi kami untuk berpartisipasi aktif dalam menurunkan angka fatalitas kecelakaan khususnya di wilayah Jabodetabek,” kata Business Development Division Head Adira Insurance, Tanny Megah Lestari dalam keterangan persnya.

    Acara yang telah digelar sejak tahun 2014 ini, di tahun 2019 disebut terus mengalami peningkatan jumlah peserta sebesar 33 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yaitu tercatat sebanyak 160 komunitas motor dari seluruh Jabodetabek.

    Melalui ajang SCA ini, para biker membuat kegiatan kampanye yang unik dengan tetap mengacu pada konsep road safety yang baik dan benar. Pesan dari kampanye tersebut diharapkan dapat tersebar luas dan dapat memberikan impact yang berlipat ganda bagi peningkatan kesadaran masyarakat atas pentingnya keselamatan jalan. 

    Tidak hanya itu, tujuan diselenggaranya SCA ialah mendorong keterlibatan komunitas dalam menyebarluaskan kampanye keselamatan jalan, serta memberikan contoh atau role model bagi komunitas lain dan masyarakat luas.

    “Kami berharap melalui ajang SCA dapat menjadi wadah bagi komunitas motor untuk mengembangkan komunitasnya secara mandiri dan terlatih untuk melakukan sosialisasi kampanye keselamatan yang memiliki impact yang berlipat ganda,” ujar Tanny.

    Sejauh ini, ajang SCA merupakan salah satu kontribusi dan andil yang diperlihatkan Adira Insurance untuk mendukung program pemerintah dalam memangkas angka fatalitas kecelakaan lalu lintas jalan.

    “Melalui SCA, kami ingin memberikan apresiasi bagi bagi komunitas motor yang mengkampanyekan keselamatan di jalan. Sehingga kami berharap tingkat fatalitas kecelakaan lalu lintas jalan dapat terus ditekan lewat peran aktif masyarakat, termasuk dari kalangan bikers. Harapannya ajang SCA ini dapat mengajak masyarakat berperilaku aman dan selamat saat berlalu lintas dengan tujuan menurunkan angka fatalitas kecelakaan di Indonesia,” ujar Tanny.

    Setelah melewati berbagai tahapan, SCA 2019 telah menghasilkan sejumlah menerima anugerah yang terdiri dari:
    1. Juara 1 CBR Tangerang Club (CBR TAC)
    2. Juara 2 SKILL’S Jakarta
    3. Juara 3 SSFC Korwil Cileungsi

    Serta Penghargaan kategori khusus yang diberikan kepada:
    1. CROWNIC CBR Owner Cikarang sebagai The Favorite Road Safety Concept
    2. SSFC Pengda Depok sebagai The Inspiring Stretegy Campaign

    Selain itu, diberikan juga Penghargaan untuk Mentor Terbaik SCA 2019 yaitu Fransiscus Rio Winto.

    “Selamat kepada para pemenang SCA 2019. Kiranya predikat juara ini tidak berhenti disini saja dan SCA bukan sekedar ajang kompetisi semata namun kami berharap semangat menularkan virus road safety yang harus ditanamkan dan disebarkan ke masyarakat luas,” pungkas Tanny.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id