Industri Otomotif

    Bisnis Motor Roda Tiga Menggeliat di Masa New Normal

    Ekawan Raharja - 25 Juni 2020 16:48 WIB
    Bisnis Motor Roda Tiga Menggeliat di Masa New Normal
    Penjualan motor roda tiga cukup menggembirakan di tengah Pandemik Covid-19. APPKTM
    Jakarta: Kondisi Pandemik Virus Korona, khususnya di masa kenormalan baru, berpengaruh terhadap penjualan kendaraan bermotor. Di tengah banyaknya yang merasakan penurunan penjualan, justru segmen sepeda motor roda tiga cukup bergelora.
     
    Marketing Director PT ASEAN Motor International (Produsen motor HTM dan APPKTM), Hengky Lesmana, bercerita penjualan sepeda motor roda tiga cukup menjanjikan takala segmen lainnya mengalami penurunan penjualan di tengah Pandemik Covid-19. Menurutnya peluang cukup baik banyak orang yang kini banting usaha menjadi pengusaha mikro yang membutuhkan kendaraan roda tiga sebagai sarana mereka berbisnis.
     
    "Sampai akhir tahun, kami targetkan penjualan mencapai 10.000 hingga 12.000 unit," ujar Hengky Lesmana Rabu (24/6/2020) di acara Ngovid Forwot.
     
    Angka ini terbilang cukup tinggi dan realistis karena sekarang ini penjualan HTM Gajah sebagai jagoan mereka mencapai 600 unit per bulannya. Dia optimistis target tersebut dapat terealisasi, dengan asumsi bahwa fase new normal dapat menggairahkan kembali pasar yang lesu.
     
    Hengky Menambahkan di masa  kenormalan baru ini, konsumen didominasi untuk kebutuhan penyemprotan desinfektan serta penyaluran bantuan ke masyarakat. “Selain kebutuhan industri UMKM, saat ini konsumen kami membeli produk APPKTM untuk keperluan penyemprotan desinfektan dan penyaluran bantuan ke masyarakat.”
     
    Sasar Segmen di Area Pedesaan
    Selama ini motor roda tiga ini banyak digunakan untuk usaha pengangkutan dan pelayanan masyarakat. Kini mereka mencoba melebarkan penjualannya ke area pedesaan.
     
    Ukurannya yang ringkas dan bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan dirasa cocok untuk jalan-jalan di pedesaan. "Kelebihan lain, motor roda tiga masih mampu melewati gang atau jalanan sempit," ujarnya.

    Untuk sekarang ini mereka menawarkan sepeda motor roda tiga yang diberinama Gajah. Sepeda motor ini digunakan memang peruntukannya sebagai kendaraan komersial, umumnya untuk angkutan barang.

    Konsumen bisa membeli Gajah 150 RD 1.5M dengan harga mulai Rp 27,7 juta dan Gajah 150 DP 1.8M dengan harga Rp 29,7 juta (on the road DKI Jakarta). Sedangkan untuk varian Gajah 200 DP 1.8M dihargai Rp 31,5 juta, dan Gajah 200 DP 2.0M di harga Rp 32,2 jutaan (on the road DKI Jakarta).

    Sepeda motor roda tiga ini bisa digunakan untuk berbagai jenis usaha. Biasanya untuk model standar akan mendapatkan bak flat deck. Namun merek asal Indonesia ini menawarkan juga custom untuk berbagai usaha seperti martabak, warung makan, jus, distribusi kue, sampai kopi keliling bekerja sama dengan karoseri.

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id