Motor Konsep

    Harley-Davidson Patenkan Tiga Desain Terbaru

    Ahmad Garuda - 15 Februari 2019 18:38 WIB
    Harley-Davidson Patenkan Tiga Desain Terbaru
    Paten konsep desain Harley-Davidson mulai nongol, akan ada tiga motor baru di 2020. VD
    Amerika: Harley-Davidson memang mulai move-on ke teknologi motor yang lebih ramah lingkungan. Namun mereka sama sekali tidak melupakan ciri khas yang lekat dengan mereka yaitu mesin pembakaran dalam. Bahkan dibocorkan oleh Visordown, bahwa mereka sudah mematenkan tiga desain motor terbaru untuk 2020.

    Dari tiga desain yang dirilis H-D melalui situs khusus kendaraan roda dua itu, terlihat dengan jelas bahwa H-D tak meninggalkan ciri khasnya yaitu mesin dengan konfigurasi V. Namun untuk mesin, diprediksi bakan berada di bawah 1.200 cc.

    Sebenarnya pakem desain ini bukanlah hal baru. Mengingat draft desainnya sudah ada sejak musim panas di Amerika 2018 lalu. Namun desain itu justru baru dipatenkan dan diumumkan siap memasuki pasar pada 2020 mendatang.

    Harley-Davidson Patenkan Tiga Desain Terbaru

    Konsep Motor Petualang Pan-America
    Desain yang pertama adalah model desain yang diusung Pan-America. Yaitu konsep motor petualang dengan ciri khas suspensi long travel di bagian depan dan posisi setang agak tinggi untuk menunjang kenyamanan berkendara.

    Namun soal penyaluran tenaga ke roda, banyak yang mengatakan bahwa penggunaan sabuk karet atau belt, diklaim tak cocok untuk motor petualang. Mengingat motor ini biasanya butuh ketangguhan di jalur-jalur offroad.

    Harley-Davidson Patenkan Tiga Desain Terbaru

    Konsep Naked Bike
    Konsep paten desain yang kedua adalah motor di segmen naked bike. Visordown menegaskan bahwa kapasitas mesin yang bakal di usung bakal berada di rentang 500 cc hingga 1.250 cc. Motor ini dipercaya baru akan diluncurkan pada 2020 mendatang.

    Uniknya, motor dengan konsep petualang Pan-America dengan naked bike yang mereka rilis tersebut, justru sudah dilengkapi dengan sari guard. Yaitu saringan untuk menjaga kain sari yang biasa digunakan perempuan di India agar tak masuk ke sistem kerja roda belakang.

    Tentu ini menjadi asumsi tentang peluncurannya bisa saja dimulai dari pabrik H-D di India.

    Harley-Davidson Patenkan Tiga Desain Terbaru

    Konsep Flatrack Style Cruiser
    Konsep desain ini juga punya karakter sendiri. Sepintas mirip dengan jenis Fat Bob, namun versi ini punya karakter sendiri yang cukup kuat. Yaitu karakternya sebagai motor flat track namun dengan posisi duduk selonjoran alias gaya khas motor cruiser.

    Satu-satunya hal yang membuat tampilannya ganjil adalah penggunaan sistem pengereman di bagian depan yang hanya menawarkan satu unit cakram saja. Tentu ini diluar ekspektasi, mengingat bobot motor bisa mencapai 200 kg.

    Namun terlepas dari beberapa detail yang kurang masuk akal, secara desain motor ini bisa terbilang menarik dan bakal jadi flagship penjualan H-D di masa depan. Apalagi dari sisi rivalitas yang biasa dimainkan oleh Indian Motorcycle, belum bersinggungan. Apakah H-D bisa segera mewujudkannya? Kita lihat nanti.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id