Teknologi Otomotif

    Kupas Quick Shifter ala MotoGP di Honda CBR250RR SP

    Ekawan Raharja - 12 November 2020 09:00 WIB
    Kupas Quick Shifter ala MotoGP di Honda CBR250RR SP
    Quick Shiter sudah diterapkan di Honda CBR250RR SP. Medcom.id/Ekawan
    Jakarta: Teknologi quick shifter atau memasukkan transmisi secara cepat tanpa menekan tuas kopling, kini menjadi teknologi dan fitur yang cukup menjual. Terutama untuk sepeda motor tipe sport. Terbaru adalah teknologi quick shifter (QS) terbaru yang diadopsi oleh Honda SBR250RR SP. 
     
    Teknologi tersebut ternyata juga bekerja dengan cara digital alias bisa diatur sesuai dengan kemauan pengendara motor seperempat liter tersebut. Dalam sesi pelatihan secara daring, main dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) mengenalkan lebih dalam teknologi terbaru sport premium motor tipe sport barunya itu lebih dalam kepada media.
     
    Acara bertajuk 'Workshop Online, Bedah Teknologi Honda CBR250RR SP Bareng Jurnalis, Bloger dan Vloger' ini diikuti puluhan peserta selama lebih dari 40 menit. Dalam kegiatan ini, selain mengenalkan lebih dalam keistimewaan produk terbaru sport dengan DNA GP ini juga jadi ajang perkenalan Group Head Of Corporate Communication Wahana yang baru, Diana Anggraini.
     
    "Kami punya teknologi kendaraan yang terbaru dengan mengadaptasi kemudahan serta kekinian. Untuk itu kami ingin juga memberikan pengenalan lebih jauh ke teknologi tersebut kepada jurnalis, vlogger dan blogger agar bisa lebih paham sebelum menyampaikannya kepada para pencari informasi," klaim Group Head of Corcom Wahana, Diana Anggraini dalam sambutan secara daring.
     
     

    Mengenal Quick Shifter

    Kupas Quick Shifter ala MotoGP di Honda CBR250RR SP

    Mungkin belum semua paham apa itu teknologi QS. Teknologi ini merupakan fitur umum yang digunakan di motor balap untuk meminimalkan kehilangan tenaga saat melakukan akselerasi (oper gigi naik) maupun deselerasi (oper gigi turun) secara ekstrim. Meski di motor balap seperti MotoGP sistemnya lebih lengkap dan terintegrasi, namun sistem pengoperasiannya kurang lebih sama atau punya kemiripan besar.
     
    Misalnya tuas kopling tidak ditekan saat mengoper gigi, putaran mesin minimal berada di angka tertentu misalnya 1,500 RPM yang berarti tuas gas harus dalam keadaan diputar dan berbagai syarat lain yang akan kami bahas di artikel selanjutnya.
     
    "Perpindahan gigi ini berdasarkan pembacaan sensor ketika mengoperasikan tuas transmisi yang kemudian dialirkan ke ECM (engine control management). ECM kemudian membaca kecepatan kecepatan kendaraan, RPM mesin dan posisi gigi sebagai parameter untuk mengurangi torsi mesin. Caranya dengan mengendalikan bukaan tuas gas, waktu pengapian dan waktu penyemprotan bahan bakar," ujar Instruktur Technical Service Function Wahana, Wahyu Budhi.
     
    Ia juga menjelaskan bahwa terdapat beberapa komponen yang saling terkait untuk pengoperasian QS ini. Di artikel selanjutnya, kami akan mengupas tentang cara mengaktifkan QS di motor yang mengusung mesin terbaru 250cc yang lebih bertenaga dari generasi sebelumnya itu. 
     
    Motor tersebut kini mampu mengeluarkan tenaga maksimal 41 PS @ 3.000 rpm dan torsi maksimum hingga 25 Nm @ 11.000 rpm. Model ini dibekali dengan fitur Assist and Slipper Clutch yang berfungsi mencegah ban belakang selip karena engine brake saat penurunan gigi secara ekstrem.
     
    Ini juga yang membuat pengendara dapat merasakan pengoperasian kopling yang semakin ringan. Untuk tipe SP, ditawarkan mulai Rp72 jutaan sementara untuk versi regulasi (non SP) dipasarkan mulai Rp61 juta.
    (ERA)
    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id