World Supersport 600

    Galang Hendra Turun di WSSP, Yamaha: Sudah Sesuai

    Ekawan Raharja - 05 Februari 2020 15:25 WIB
    Galang Hendra Turun di WSSP, Yamaha: Sudah Sesuai
    Galang Hendra (dua dari kiri) berfoto bersama pembalap MotoGP Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Yamaha
    Cengkareng: Pembalap muda Indonesia, Galang Hendra Pratama, dipastikan akan turun di World Supersport Championship (WSSP) di musim balap 2020. Langkah Galang dinilai sudah tepat dan sudah waktunya karena dia memang mengikuti pembibitan yang besar sejak 10 tahun silam ketika masih junior.

    General Manager Technical, Service, & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Muhamad Abidin, menjelaskan dia bersama Yamaha sudah melakukan pengembangan Galang sejak 2010 dan terus mengikuti berbagai jenis kejuaraan mulai dari Motoprix hingga Asia Road Racing Championship kelas AP250. Bahkan untuk dua tahun ke belakang, dia juga menempatkan Galang di WSSP300 meski diakui sepeda motor yang diberikan kepadanya kurang mumpuni.

    "Kami mengembangkan dia (Galang) usia 10-11 tahun. Hampir 10 tahun proyek ini, jadi tahapannya Galang itu panjang sekali. Kami juga melihat selama dua tahun dengan sepeda motor yang katakanlah secara spesifikasi kurang kompetitif ketimbang kompetitornya, Galang mampu menembus superpole kedua," ungkap Abidin Selasa (5/2/2020) di Bandara International Hotel Banten.

    Melihat kondisi dan kemampuan tersebut, akhirnya Yamaha mendorong Galang untuk naik ke kelas 600cc WSSP. Bergabung dengan bLU cRU Yamaha WorldSSP by MS Team, pembalap muda asal Yogyakarta itu akan menggeber All New Yamaha YZF-R6 pada 13 seri balapan musim 2020.

    "Tentunya kami bekali dengan spesifikasi baru dan komponennya modifikasi yang terbaru untuk motor galang. Full spesifikasi racing pabrikan," janji Abidin.

    Pria yang sudah belasan tahun berkecimpung di dunia balap ini tidak ingin memberikan beban yang banyak kepada pembalapnya itu di WSSP tahun pertamanya. Menurutnya Galang diharapkan bisa beradaptasi dengan kondisi di Eropa, bersaing dengan para pembalap yang lebih berpengalaman, serta mengatasi segala keterbatasan yang dimilikinya.

    "Kalau bisa Galang tinggal di Eropa setengah musim atau apa. Kalau musim di Eropa empat atau lima seri, dia bisa menyematkan latihan di sirkuit-sirkuit, baik itu di Italia atau Spanyol," tegasnya.

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id