Winglet Tambahan Ducati, Ubahan Besar Efeknya Kecil

    Ahmad Garuda - 12 Oktober 2015 14:35 WIB
    <i>Winglet</i> Tambahan Ducati, Ubahan Besar Efeknya Kecil
    Ducati tambahkan winglet di bagian atas, untuk menambah reduksi kemungkinan ban depan terangkat saat akselerasi. Ducati



    medcom.id, Jakarta: Bagi Anda pecinta balap MotoGP, mungkin sudah tahu fungsi winglet alias sayap kecil di bagian depan motor balap MotoGP. Komponen kecil ini lahir untuk membuat akselerasi motor tak terganggu dengan kemungkinan wheelie alias ban depan terangkat. Juga membuat traksi roda belakang lebih maksimal.

    Beda manufaktur, beda pula cara mereka mengaplikasi komponen tersebut. Ducati yang secara konsisten menggunakan komponen itu di tipe sirkuit yang butuh setup motor agresif di zona akselerasi, menempatkannya pada bagian depan fairing samping. Kemudian Yamaha muncul dengan model winglet yang melekat tepat di bagian samping batok atau windshield.

    "Penempatan sayap kecil ini, membantu mereduksi kemungkinan ban depan motor terangkat saat pembalap melakukan akselerasi keluar tikungan. Namun juga sangat membantu saat pembalap melakukan pengereman di sirkuit dengan karakter stop and go alias tikungan patah-patah," ujar Paolo Ciabatti, Ducati Corse Sporting Director.

    Namun yang mengejutkan adalah Ducati menambahkan lagi winglet pada batok Desmosedici GP15. Bahkan itu digunakan oleh kedua pembalap Ducati di sesi kualifikasi MotoGP Jepang, 10 Oktober akhir pekan lalu. Sayang, Andrea Dovizioso yang merupakan pembalap Ducati menegaskan bahwa efek dari ubahan besar ini sangat kecil.

    "Memang terlihat sangat besar ubahan yang Ducati lakukan di MotoGP Motegi, Jepang. Tapi hasil dan efeknya tidak sebesar penampakannya. Meski demikian tidak ada poin negatif dari penggunaan komponen tersebut," kilah Dovi.

    Valentino Rossi yang menggunakan winglet di MotoGP Misano, San Marino lima pekan lalu, juga menegaskan bahwa motornya tak memiliki banyak ubahan performa dari penggunaan sayap kecil itu. Terpenting tak ada sisi negatifnya, mengingat aplikasi komponen serupa pada ajang balap mobil, punya efek yang besar.(UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id