Custom Bike

    Flat Track Race ala Kustomfest, Seru-Seruan tapi Serius

    Ahmad Garuda - 05 Oktober 2019 09:01 WIB
    Flat Track Race ala Kustomfest, Seru-Seruan tapi Serius
    Seru-seruan balap flat track di Kustomfest, namun tetap serius dalam hal regulasi. Kustomfest
    Yogyakarta: Ajang kompetisi kreatifitas dan karya motor kustom di Indonesia yang semakin menggeliat, tidak lepas juga dari upaya besar para builder di Indonesia untuk membesarkan dunia ini. Termasuk Kustomfest yang tahun ini mengangkat tema besarnya Back to The Roots.

    Namun ada item acara yang tidak biasa dan tergolong unik, yaitu flat track race yang juga digelar di seputaran gedung penyelenggaraan event Kustomfest di Jogja Expo Centre. Menurut Direktur Kustomfest, Lulut Wahyudi, bahwa event ini sengaja mereka gelar untuk menghadirkan sesuatu yang berbeda.

    "Kami ingin event ini punya keunikan tersendiri setiap tahunnya. Tentunya ada hubungannya juga dengan tema yang kami angkat di atas. Kemudian juga kami kaitkan dengan lucky draw yang juga mengusung konsep motor flat track. Sehingga ini jadi satu kesatuan yang saling berkaitan. Kalau untuk regulasinya, tentu tetap mengacu ke regulasi balap flat track yang sesungguhnya, karena ini juga menyangkut keamanan," ujar Lulut.

    Beberapa kelas yang mereka lombakan juga sudah dikategorikan. Seperti spesial kelas yang diikuti oleh para influencer, lalu ada juga kategori kelas mesin seperti mesin tidur 125 cc, cub under 150 cc, dan free for all.

    "Secara tak langsung, motor ini juga bersentuhan dengan dunia kustom. Melihat ke belakang saat vintage race, mereka membuat motor balap flat track dari motor pabrikan dengan gayanya sendiri. Berbagai macam ubahan pada waktu itu, hasil akhirnya tidak sama," ujar Kustomfest Flat Track Race Director, Yayack Priyo Wibowo kepada jurnalis pada Jumat (4/10/2019) di JEC.

    Ia melanjutkan bahwa motor-motor itu punya ciri sendiri sebagai identitasnya baik dari sekadar grafis painting ataupun dari style modelnya. Mereka benar-benar setel sesuai dengan kebutuhan si pembalap dan termasuk bentuk visual kustomnya. Oleh karena itu korelasi flat track dengan dunia kustom begitu dekat."

    Soal regulasi dan aturan yang tetap mengikuti regulasi balap yang sebenarnya, dibuat untuk membuat semuanya berjalan baik. Meski banyka juga yang dibuat sedikit longgar. "Ini kelasnya fun race, tapi ada juga yang ingin benar-benar serius, ya kita wadahi. Tapi namanya fun race ya kita berharap semuanya berjalan lancar aja dulu," pungkas Lulut.

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id