Kembali ke WSBK, Ini yang Baru di BMW S1000RR

    Ahmad Garuda - 01 Februari 2019 08:47 WIB
    Kembali ke WSBK, Ini yang Baru di BMW S1000RR
    Banyak hal baru di BMW S1000RR yang turun di WSBK 2019. BMW & Steve English
    Inggris: BMW Motorrad kembali ke ajang balap World Superbike Championship dengan motor andalannya BMW S1000RR. Motor tersebut mengalami banyak perubahan setelah terakhir kali balapan di bawah lisensi tim pabrikan pada 2013. Terutama beberapa detail yang terlihat berubah secara drastis.

    Motor yang bakal ditunggangi oleh Tom Sykes dan Markus Reiterberger ini, memang terlihat sangat berbeda di beberapa bagian. Seperti desain wajah, lalu penggunaan komponen seperti sistem pengereman, alokasi tuas rem belakang di setang kiri dan beberapa lagi lainnya.

    Kembali ke WSBK, Ini yang Baru di BMW S1000RR

    Desain Wajah
    Jika terakhir kali BMW menggunakan desain asimetris di bagian wajahnya, kini desainya mengambil garis desain simentris. Dibuat dengan garis tegas dan tampak lebih agresif. Meski lampunya cuma aksesoris stiker saja, namun desain ini menjadi ciri khas baru motor yang diproduksi di Jerman itu.

    Sistem Pengereman
    Bagian yang juga jadi perhatian besar adalah penggunaan brand Nissin di sistem pengereman. Padahal di motor-motor lainnya menggunakan sistem pengereman yang dipasok oleh Brembo.

    Kembali ke WSBK, Ini yang Baru di BMW S1000RR

    Ini menjadi pembuktian bahwa persaingan komponen pengereman di kelas tertinggi juga mulai ramai. Apalagi Nissin juga cukup kuat di segmen balap Asia atau lokalan.

    Ada juga indikasi lain soal isu menekan biaya yang besar di tim pabrikan. Sehingga mereka bisa tampil tetap kompetitif, namun tidak kedodoran dalam hal pembiayaan tim balap.

    Kembali ke WSBK, Ini yang Baru di BMW S1000RR

    Tuas Rem Belakang di Setang Kiri
    Alokasi tuas rem belakang yang dioperasikan jempol kiri, kini sedang tren. Mengingat banyak pembalap yang mulai menggunakan teknis pengereman menurunkan kaki ala Valentino Rossi. Kalau mau belok ke kanan, secara otomatis tuas rem belakang takkan disentuh jika gaya ini digunakan. Solusinya adalah, tuas rem dipindahkan ke setang kiri dan dioperasikan pakai jempol.

    Kembali ke WSBK, Ini yang Baru di BMW S1000RR

    Desain Baru Lengan Ayun
    Satu lagi yang menarik perhatian yaitu sisi negatif desain swing arm atau lengan ayun motor ini yang terlihat lebih berisi. Dari analisis yang dilakukan Asphaltandrubber, bahwa suspensi belakang dibuat lebih rigid alias lebih kaku. Sehingga para pembalap bisa lebih merasakan karakter motor.

    Secara keseluruhan, tentu masih butuh pembuktian. Mengingat absennya tim balap pabrikan selama beberapa tahun, membuat mereka harus meriset lebih banyak bagian agar bisa langsung tampil kompetitif.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id