BBNKB Baru DKI Jakarta Resmi Berlaku, Masyarakat akan Terbiasa

    Ekawan Raharja - 12 Desember 2019 16:00 WIB
    BBNKB Baru DKI Jakarta Resmi Berlaku, Masyarakat akan Terbiasa
    Pengunjung melihat motor baru keluaran Kawasaki yang dipamerkan pada IMOS 2018. AntaraFoto/M Iqbal
    Jakarta: Peraturan Daerah DKI Jakarta Nomor 6 tahun 2019 mengenai penyesuaian untuk Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) sedari 10 persen menjadi 12,5 persen mulai berlaku per 11 Desember 2019. Meski ada sejumlah kenaikan harga untuk pembelian kendaraan bermotor, baik mobil dan sepeda motor, namun efeknya tidak akan terlalu mencemaskan.

    Head Sales & Promotion Dept. Kawasaki Motor Indonesia, Michael C. Tanadhi, menjelaskan efek dari kenaikan ini tidak terlalu besar. Dia tidak menampik akan ada efek terhadap penurunan pembelian sepeda motor, namun efeknya itu tidak akan terlalu lama.

    "Harus terbiasa untuk masyarakat DKI Jakarta. Koreksi market mungkin ada di tiga bulan pertama tetapi tidak signifikan karena daerah penyangga sudah 12,5 persen," ungkap Michael C. Tanadhi Rabu (11/12/2019) di Kawasan Serpong Tangerang Selatan.

    Dia juga menjelaskan bahwa daerah-daerah yang padat dengan penduduk berada di area-area penyangga seperti Bekasi, Depok, Bogor di Jawa Barat ataupun Tangerang di Banten. Masyarakat di sana pun tidak akan masalah karena biaya BBNKB di Jawa Barat dan Tangerang sudah 12,5 persen.

    Michael C. Tanadhi juga memberikan contoh, untuk sepeda motor dengan harga kisaran Rp30 juta maka akan ada kenaikan sekitar Rp500-600 ribu. Tentu bila dimasukan ke dalam skema kredit selama 3-5 tahun, maka penambahan ini tidak akan terasa berat.

    "Seharusnya tidak terlalu signifikan. Makanya analisa kita tidak ada efek besar, ada di tiga bulan pertama kemudian balik normal lagi," pungkasnya.

    Pemerintah DKI Jakarta melakukan penyesuaian untuk Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) sedari 10 persen menjadi 12,5 persen. Dengan ini makan BBNKB DKI Jakarta sama dengan beberapa daerah lainnya seperti Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, dan berbagai daerah lainnya.

    Peraturan Daerah DKI Jakarta Nomor 6 tahun 2019 yang menggantikan Perubahan Peraturan Daerah No. 9 Tahun 2009 tentang Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor ini akan berlaku setelah 30 hari sejak tanggal diundangkan. Tercatat peraturan ini diundangkan pada 11 November 2019, dan BBNKB DKI Jakarta akan mulai naik menjadi 12,5 persen pada 11 Desember 2019.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id