Motor Klasik

    Mengenal Vincent Black Shadow, Superbike Klasik Tertua di Dunia

    M. Bagus Rachmanto - 26 Juni 2020 14:07 WIB
    Mengenal Vincent Black Shadow, Superbike Klasik Tertua di Dunia
    Motor klasik Vincent Black Shadow diproduksi dari tahun 1949 hingga 1955. Mirror
    Inggris: Motor klasik memang punya magnet tersendiri bagi penggemarnya. Terbukti, kini ada banyak penggemar motor klasik di Indonesia. Salah satu motor klasik yang menarik untuk dibahas adalah Vincent Black Shadow.
     
    Dilansir dari Mirror, diproduksi dari tahun 1949 hingga 1955 motor klasik Vincent Black Shadow diklaim sebagai salah satu superbike tertua di dunia. 

    Dibekali dengan dapur pacu V-Twin berkapasitas 1.000cc, yang dikawinkan dengan transmisi manual 4-percepatan, membuat motor pabrikan Inggris ini sanggup meleset hingga kecepatan maksimum 201 km per jam. 
     
    Selain menghasilkan tenaga yang luar biasa, mesin berwarna hitam enamel ini pun mampu menghasilkan 55 daya kuda (dk) untuk mengimbangi performa Vincent Black Shadow yang kuat. Sementara untuk sistem pengereman, motor ini menggunakan rem tromol ganda di depan dan satu rem tromol di belakang.
    Vincent Black Shadow asal Inggris, sang legenda yang tangguh diajak turing.
    Menarik, sesuai penamaannya, Vincent Black Shadow memiliki cat dasar berwarna hitam. Motor ini juga memiliki arsitektur sasis yang sangat tidak konvensional. Hal ini dikarenakan tidak adanya down tube, serta desain dudukan mesin yang tidak seperti kebanyakan motor pada umumnya. Mesin motor tidak dirangkai dalam satu sasis, namun dibuat menggantung dengan penahan yang berada di bagian atas mesin.

    Usust punya usut, Black Shadow merupakan pengembangan dari model Rapide. Dari model Rapide kemudian di-setup secara khusus oleh tester pabrik, pembalap George Brown, serta desainner Phil Irving. Beberapa bagian juga mendapatkan sentuhan istimewa seperti karburator yang lebih besar untuk meningkatkan kompresi mesin.
     
    Hingga akhir masanya, seri Black Shadow terbukti sangat populer dan produksinya melebihi seri Rapide. Dengan nilai historisnya yang sangat tinggi, kini Vincent Black Shadow jadi incaran para kolektor motor antik. Maka jangan heran jika motor klasik ini memiliki harga yang sangat fantastis di pasaran.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id