Peraturan Pemerintah

    Spanyol Batalkan Rencana Mewajibkan Pakai Airbag Sepeda Motor

    Ekawan Raharja - 09 Juni 2021 09:00 WIB
    Spanyol Batalkan Rencana Mewajibkan Pakai Airbag Sepeda Motor
    Paten airbag sepeda motor yang dikembangkan Bosch dan Honda. Bosch



    Jakarta: Spain’s General Directorate of Traffic (DGT) mengajukan rancangan Undang-Undang (RUU) untuk mewajibkan penggunaan airbag di sepeda motor. Sayangnya, rancangan tersebut mendapatkan penolakan dari berbagai pihak dan akhirnya RUU tersebut pun dibatalkan.
     
    Menteri Dalam Negeri Spanyol, Fernando Grande-Marlaska, mengumumkan pembatalan RUU untuk mewajibkan penggunaan airbag di sepeda motor. Bahkan dia juga menyebutkan peraturan ini masih memerlukan kajian yang lebih lanjut untuk dicek efektivitasnya.
     
    Asociacion Mutua Motera (AMM) bahkan mengumumkan hasil survei yang dilakukan bahwa 65,5 persen pengendara sepeda motor yang menjadi responden percaya penggunaan airbag pada pengendara sepeda motor harus bersifat sukarela, tidak diwajibkan oleh Undang-Undang. Mereka bahkan menilai penggunaan airbag ini tidak selalu cocok di berbagai situasi jalanan meski teknologi ini terus dikembangkan dalam beberapa puluh tahun ke belakang.
     
    Bahkan menurut mereka, penggunaan airbag ini sebenarnya cocok untuk para pembalap kuda besi. sayangnya, teknologi ini belum cocok digunakan untuk aktivitas bermotor sehari-hari.
     
    Sebagai gantinya, para pengendara motor di jalan bisa menggunakan rompi/jaket yang dilengkapi dengan airbag. Namun sekali lagi, penggunaannya tersebut masih sebatas kesukarelaan.
     
    Menilik kembali ke belakang, RUU mewajibkan airbag untuk sepeda motor ini sudah dimulai pada Juli 2019. RUU ini dicetuskan karena mereka melihat korban jiwa akibat kecelakaan sepeda motor mencapai 350 orang pada tahun 2018.(ERA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id