Masih Bandel Motoran Sambil Merokok? Siap Kena Denda Rp750 Ribu

    Ekawan Raharja - 24 September 2021 10:00 WIB
    Masih Bandel Motoran Sambil Merokok? Siap Kena Denda Rp750 Ribu
    Ilustrasi rokok. Medcom.id



    Jakarta: Berkendara sepeda motor di jalan raya membutuhkan konsentrasi dan keseimbangan yang tepat. Jangan sampai mengendarai sepeda motor diganggu kegiatan lain, seperti contoh merokok karena hal ini termasuk ke dalam pelanggaran lalu lintas.
     
    Pemerintah bahkan sudah membuat aturan mengenai larangan merokok sambil motoran. Hal ini tercantum melalui Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 12 Tahun 2019 tentang perlindungan keselamatan pengguna sepeda motor yang digunakan untuk kepentingan masyarakat.
     
    “Pengemudi dilarang merokok dan melakukan aktivitas lain yang mengganggu konsentrasi ketika sedang mengendarai sepeda motor,” bunyi pasal 6 huruf C.
     
    Tetapi sesungguhnya larangan merokok juga bisa diperuntukan bagi seluruh pengemudi kendaraan. Hal ini mengacu kepada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) di mana mengendarai kendaraan, mobil, motor, atau truk, harus dilakukan dengan penuh konsentrasi.
     
    "Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi," tulis Pasal 106 Ayat 1 UU LLAJ.
     
    Lantas bagi para pelanggar apa sanksi yang akan mereka dapat? Jangan main-main karena hukuman penjara atau denda uang sudah siap menanti.
     
    Tersebut di pasal 283 Permenhub Nomor 12 Tahun 2019, “Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp 750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).”

    (ERA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id