Jangan Lupa Perlengkapan Berkendara Otopet Listrik

    Ekawan Raharja - 23 November 2019 09:37 WIB
    Jangan Lupa Perlengkapan Berkendara Otopet Listrik
    Warga memanfaatkan pelayanan sewa skuter listrik di kawasan Menteng, Jakarta. AntaraFOTO/Risky Andrianto.
    Jakarta: Otopet listrik kini bisa dengan mudah didapatkan oleh masyarakat Indonesia, baik membeli atau sewa seperti yang ditawarkan GrabWheel. Jika hendak menggunakan kendaraan personal ini, perhatikan posisi mengendarainya dan kelengkapan berkendara.

    Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI), Sony Susmana, menjelaskan wajib melengkapi otopet listrik dengan perlengkapan keamanan selama perjalanan. Perlengkapan keamanan untuk pengendara wajib melengkapinya dengan helm, sarung tangan, sepatu, body dan elbow protector.

    "Untuk otopet listriknya juga wajib dilengkapi dengan klakson dan lampu belakang. Pengendara harus sering membunyikan klakson," ungkap Sony Susmana Jumat (23/11/2019) melalui pesan singkatnya kepada Medcom.id.

    Kemudian untuk posisi badannya selama berkendara bisa posisi normal dengan sedikit membungkuk. Posisi ini agar badan fleksibel ketika melewati jalan yang tidak rata.

    Sony Susmana, menjelaskan jalan raya bukan lokasi yang tepat untuk mengendarai otopet listrik. Sebaiknya menggunakan alat transportasi personal ini di daerah komplek atau area tertutup.
     
    "Kecepatan otopet listrik di bawah 40 kilometer per jam. Jadi idealnya yang aman digunakan di daerah komplek atau area tertutup," beber Sony.

    Diharapkan dengan melengkapi perlengkapan berkendara dan tahu tata cara mengendarai otopet listrik, bisa mencegah dan mengurangi resiko kecelakaan para penggunanya. Mengingat Baru-baru ini dua orang pengguna otopet listrik, Ammar (18) dan Wisnu (18), tewas akibat akibat tertabrak Toyota Camry di sekitar FX Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu dini hari, 10 November 2019. Saat itu kedua korban sedang menggunakan skuter listrik GrabWheels.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id