Safety Riding

    Motor Pembawa BBM Masuk Jalan Tol Layang, Amankah?

    Ekawan Raharja - 24 Desember 2019 11:28 WIB
    Motor Pembawa BBM Masuk Jalan Tol Layang, Amankah?
    Pengirimian bahan bakar menggunakan sepeda motor untuk mobil yang kehabisan bensin. Pertamina
    Jakarta: Kepadatan lalu lintas di Jalan Tol Layang akhir pekan lalu menimbulkan sejumlah permasalahan, salah satunya adalah adanya mobil yang mogok karena kehabisan bensin. Bahkan gara-gara ada mobil yang kehabisan bensin, Pertamina sampai memberikan layanan berupa delivery bahan bakar ke dalam jalur layang tol dengan menggunakan sepeda motor yang dikawal oleh mobil Patwal.

    Lantas seberapa amankah sepeda motor ini masuk ke dalam Jalan Tol Layang? Mengingat sepeda motor masuk ke dalam tol yang tidak memiliki jalur khusus sepeda motor tidak diperbolehkan dan ini kemudian naik ke jalan tol layang yang terbilang tinggi.

    Pendiri dan Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, menjelaskan hal ini diperbolehkan karena penghantar bahan bakar itu mendapat pengawalan dari polisi lalu lintas sehingga tidak akan ditilang. Kepolisian memang memiliki hak diskresi seperti diatur dalam UU No 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara RI, sehingga mereka bisa saja memberikan perlindungan kepada sepeda motor penghantar bahan bakar yang masuk ke dalam jalan tol.

    "Secara aturan lalu lintas petugas kepolisian dapat menggunakan hak diskresi sebagaimana diatur dalam UU, termasuk dalam kasus ini," ungkap Jusri Pulubuhu kepada medcom.id Senin (23/12/2019).

    Kemudian Jusri juga memberikan komentar mengenai sepeda motor yang digunakan, mengingat penghantar bahan bakar ini menggunakan skuter matik berukuran kecil dan dilengkapi dengan bagian belakang yang memuat bahan bakar.

    "Sebaiknya menggunakan sepeda motor yang lebih besar karena lebih stabil, minimal 400 cc. Di atas sana angin kencang dan takutnya terpengaruh angin dan malah membahayakan," sambungnya.

    Tentang operasionalnya yang perlu memenuhi standar, juga penting memikirkan keselamatan pengendara motor pengantar bahan bakar bensin tersebut. Apalagi saat ini, cuma itu satu-satunya cara untuk cepat mencapai mobil yang bahan bakarnya habis di atas tol layang dalam kondisi macet.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id