MT-15 Ganggu Pasar Xabre? Ini Jawaban Yamaha - Medcom

    MT-15 Ganggu Pasar Xabre? Ini Jawaban Yamaha

    Ahmad Garuda - 04 Februari 2019 20:03 WIB
    MT-15 Ganggu Pasar Xabre? Ini Jawaban Yamaha
    Yamaha tanggapi soal pasar MT-15 yang bisa saja memakan pasar Xabre lantaran mengusung konsep yang sama. medcom.id/Ahmad Garuda
    Jakarta: Kemunculan Yamaha MT-15 yang diluncurkan secara internal dealer Januari 2019 lalu, menjadi tanda tanya besar soal segmen pasarnya. Mengingat brand tersebut juga memiliki kategori yang sama di segmen naked bike kapasitas mesin 150 cc dengan gaya yang sama yaitu Xabre.

    Hal ini dijawab oleh Vice President Director Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Dyonisius Beti di acara peluncuran resminya bersama duo pembalap Yamaha MotoGP yaitu Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Menurutnya, kedua motor ini punya segmentasi pasar yang berbeda.

    "Saat ini kami tidak akan bilang bahwa MT-15 bakal memakan pasar Xabre. Tapi nanti kita lihat penjualan dan pasarnya seperti apa. Dari sisi harga kan memang berbeda, sehingga ada pembedaan segmen di sana. Tapi tidak menutup kemungkinan jika permintaan Xabre semakin tergerus, ya tentu kita tidak bisa pertahankan lagi," jelas Dyonisius.

    MT-15 Ganggu Pasar Xabre? Ini Jawaban Yamaha

    Sementara untuk pasar moped atau motor bebek di Indonesia, Yamaha melihat pasarnya masih cukup berpengaruh ke penjualan domestik mereka. Presiden Direktur YIMM, MInoru Morimoto menjelaskan bahwa penjualan motor tipe moped ini masih sangat besar untuk wilayah Kalimantan dan Sulawesi.

    "Itu untuk seluruh produsen yang masih menjual moped. Kalau di Yamaha sendiri, bisa dibilang sekitar 70 persen dari pasar moped ada di dua pulau besar itu. Kondisi yang sebaliknya justru terlihat di Jawa dan Sumatera, pengguna roda dua sudah lebih banyak yang memilih motor bertransmisi otomatis dibanding motor transmisi manual."

    Bukan hanya Yamaha yang merasakan kondisi pasar moped yang semakin lesu di Jawa dan Sumatera. Namun mengacu ke data penjualan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia, penjualan moped Honda dan Suzuki turun di kedua pulau itu. Sementara di Kalimantan dan Sulawesi cenderung stagnan dan ada juga wilayah yang menunjukkan peningkatan.

    MT-15 Ganggu Pasar Xabre? Ini Jawaban Yamaha

    Acara peluncuran MT-15 dan New MX-King di Jakarta berlangsung di Four Seasons Hotel Jakarta pada Senin (4/2/2019) usai peluncuran tim balap Yamaha MotoGP. MT-15 diluncurkan dengan harga resmi Rp34.950.000  (on the road Jakarta atau harga khusus di Jakarta). Sementara MX-King dengan warna terbaru dibanderol Rp22.900.000 (otr Jakarta).

    Motor ini tentu akan berebut pasar dengan CB150R milik Honda dan GSX-S150 milik Suzuki. Tentu keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. MT-15 hadir dengan mesin 155 cc SOHC 4 katup berpendingin cairan dan Variable Valve Actuator (VVA) serta Assist Slipper Clutch. Diklaim tenaganya sebesar 19 daya kuda (dk) dan torsi 14,7 Newton meter (Nm).

    Dari sisi tenaga, Yamaha sepertinya ingin menunjukkan bahwa mereka menawarkan tenaga yang sangat besar di kelasnya. Lantaran baik CB150R ataupun GSX-S150, punya tenaga dan torsi di bawah MT-15. Namun dari harga yang berbeda jauh, membuat hal itu jadi wajar.

    Sementara untuk bebek super MX-King, bakal bertarung langsung dengan Honda Supra GTR 150 dan Suzuki Satria FU150. Tentu keduanya akan berperang berebut pasar di Kalimantan dan Sulawesi yang jadi pangsa pasar besar motor jenis moped.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id