Ingin Bangun Mobil Offroad? Begini Triknya - Medcom

    Ingin Bangun Mobil Offroad? Begini Triknya

    M. Bagus Rachmanto - 15 Oktober 2019 11:50 WIB
    Ingin Bangun Mobil Offroad? Begini Triknya
    Sesuaikan budget bangun sebuah mobil offroad. Medcom.id/Ekawan Raharja
    Jakarta: Dunia offroad, khususnya adventure offorad, tentu tidak pernah kehilangan peminatnya. Bahkan peminat salah satu cabang motorsport ini semakin bertambah dari waktu ke waktu. Lantas berapakah dana yang dibutuhkan untuk membangun sebuah mobil offroad yang siap diajak berpetualang?
     
    Chief Scrutineering IOX Celebes 2017, TB Adhi, membeberkan bahwa untuk kebutuhan membangun mobil offroad, minimal dananya sekitar Rp400 juta hingga Rp500 juta. Perlu diingat bahwa biaya tersebut hanya untuk modifikasinya saja alias belum termasuk harga mobil.
     
    "Umumnya seperti itu, kualitas barang yang digunakan juga yang terbaik," ujarnya saat ditemui Medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.

    Modifikasi tentu meliputi banyak hal. Mulai dari pergantian komponen di mesin, kaki-kaki, aki, pemasangan winch, locker, dan berbagam komponen lainnya yang bisa menunjang selama perjalanan menyusuri medan yang berat.

    "Untuk memilih barang bisa melihat mobil teman-teman IOX karena sudah teruji, dari pada pakai barang yang tidak terbukti dan malah menyusahkan nantinya," terangnya.
     
    Berbicara soal mobilnya sendiri, pemilihannya tentu berdasarkan selera sang pemilik. Mereka bisa memilih mobil apapun selama mobil tersebut memiliki spesifikasi untuk offroad.

    Tetapi offroader nasional tersebut juga membeberkan beberapa tips untuk memilih mobil offroad. Jangan sampai salah memilih dan mendapatkan mobil yang sesuai dengan keinginan. "Pertama pilih mobil yang nyaman dulu. Nyaman ini tentu disesuaikan dengan si pemilik."
     
    Setelah itu calon pemilik diwajibkan memeriksa kapasitas mobil. Pastikan mobil memiliki kapasitas yang cukup untuk membawa barang-barang yang akan di bawa selama berpetualang.
     
    "Ketiga dan sangat penting, perhatikan spesifikai dasar mobil. Pilih mobil yang gardannya sudah kuat, sudah ada locker. Ada yang suka mobil Jepang atau mobil Eropa, semua kembali lagi ke selera dan hati masing-masing," tutup Adhi.
    Ingin Bangun Mobil Offroad? Begini Triknya
    Lain lagi dengan Aizar Rifky Wirakusuma dari bengkel Kiki Motor mengatakan, menggunakan mobil 4x4 keluaran terbaru untuk main off-road bisa dibilang mubazir. Pasalnya akan banyak komponen yang dilepas dan dimodifikasi untuk menyesuaikan kebutuhan.
     
    Untuk Anda yang baru akan memulai hobi ini dan berniat membangun mobil off-road, Aizar Rifky Wirakusuma dari bengkel Kiki Motor mengatakan, bisa menggunakan mobil eks pertambangan atau asal Kalimantan.

    "Mobil-mobil double cabin bisa jadi pilihan, harga mobil eks tambang juga lebih terjangkau. Ada yang dibawah Rp100 juta juga," katanya.
     
    Pilihan mobil eks tambang biasanya Ford Ranger, Toyota Hilux, Isuzu D-Max, Mitsubishi L200 dan banyak lagi. "Umumnya eks tambang sudah gerak empat roda," tambah pebengkel yang berada di Cilincing, Jakarta Utara ini.
     
    Setelah menebus mobil yang jadi bahan modifikasi, maka langkah berikut yang harus diperbaiki adalah bagian mesin dan kaki-kaki. "Kaki-kaki bisa juga diperkuat dan ganti ban dengan tapak kasar," terangnya.
     
    Selanjutnya tambahkan rollbar untuk melindungi kabin, ketika mobil terbalik. Bisa juga dibuatkan body barr yang melindungi bodi dari benturan-benturan saat ber-off-road ria.
     
    Sedangkan untuk bodi, tak perlu terlalu klimis karena toh bakal masuk hutan, lumpur dan wilayah bebatuan. "Paling tidak, kesan kumelnya hilang sudah cukup kok," paparnya.
     
    Estimasi biaya tentunya tergantung apa saja yang dimodifikasi. Tapi Rifky mengatakan, setidaknya paling sedikit habis biaya Rp50 juta dengan proses pengerjaan tiga bulan. Biaya tadi belum ditambah untuk keperluan membeli peralatan penunjang aktifitas off-road seperti winch dan sebagainya.
     



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id