Modifikasi Motor Klasik

    Berburu Komponen dan Bangun Sendiri Honda 50 Klasik

    Ahmad Garuda - 17 Juni 2020 19:15 WIB
    Berburu Komponen dan Bangun Sendiri Honda 50 Klasik
    Honda 50 yang dibangun ini butuh waktu setahun untuk menyempurnakan bentuknya dari kondisi bahan. Medcom.id/Ahmad Garuda
    Jakarta: Motor klasik beberapa tahun terakhir kembali menjadi mainan bagi mereka yang memang gemar tampil berbeda, unik dan nyentrik. Tidak jarang dari mereka yang rela merogoh kocek dalam untuk mendapatkan motor yang materialnya masih orisinil. Namun berbeda dengan Purwanto yang juga seorang classic bike enthusiast. Ia memilih jalan membangun sendiri motor klasik miliknya.

    Menurutnya membangun motor klasik sesuai impian, memang bukan perkara mudah. Lantaran tantangannya sangat besar untuk komponen-komponennya. Mengingat motor tersebut tak lagi diproduksi, populasi semakin sedikit, dan penjual komponennya juga kian langka.

    "Bagian yang menyenangkan saat melakukan restorasi atau membangun sendiri motor klasik seperti ini adalah saat berburu komponen-komponennya. Mengingat tidak semua komponen tersedia sehingga harus diakali untuk menggunakan komponen substitusi yang penampakannya mirip dengan komponen bawaannya," ujar Purwanto yang akrab disapa dengan Kak Poer itu kepada Medcom.id.

    Berburu Komponen dan Bangun Sendiri Honda 50 Klasik

    Ia menambahkan bahwa membangun motor seperti ini, paling utama adalah konsep yang ingin ditonjolkan. Kalau sekadar ingin bangun motor, ya bukan hal yang sulit. Tapi apakah konsepnya sesuai dengan keinginan? lalu apakah konsepnya terlihat orisinil atau terlalu ribet? tentunya semua hal ini berpengaruh.

    "Kalau dari sisi konsep, memang harus dimatangkan lebih awal. Tujuanny aagar nanti saat membangun motor, ada koridornya dan tidak salah dalam memilih komponen asli ataupun yang bisa disubtitusikan. Ini sekaligus menjadi tantangan tersendiri karena tidak mudah mendapatkan komponen-komponen motor klasik seperti ini. Kemudian dari sisi budget untuk mendapatkan komponen tersebut, karena untuk beberapa komponen, ada yang masuk akal untuk dibeli, ada juga yang harganya terlau tinggi," klaim Kak Poer.

    Berburu Komponen dan Bangun Sendiri Honda 50 Klasik

    Untuk Honda Cub 50 klasik miliknya, Ia mengaku mengambil bahan bodi dari Cub 70 tahun 1978 kemudian di sisi dapur pacu mengambil punya Honda Grand. Tipe mesin ini digunakan dengan alasan unitnya masih banyak dijual, sementara aksesoris lainnya, merupakan hasil berburu di pasar komponen via online.

    "Ya sekarang lebih mudah karena bisa mencari komponen motor langka seperti ini lewat online, misalnya di marketplace milik Facebook atau forum-forum kendaraan klasik atau langka. Masalahnya cuma satu, yaitu kesesuaian harga yang kita inginkan. Mengingat sekarang kendaraan klasik juga lebih sadar banyak yang menginginkan kendaraan atau komponen motor klasik seperti ini. Sehingga harga kian naik."

    Berburu Komponen dan Bangun Sendiri Honda 50 Klasik

    Soal surat-surat dan kelengkapan layak di jalan raya, Poer mengaku memperhatikan hal tersebut. Sehingga motornya tetap layak dikendarai ke mana pun.

    Spesifikasi dan detail Cub 50:

    -Mesin: Honda Grand
    -Bodi: Cub C 70 tahun 1978
    -Fork: Cub C 100 tahun 60-an (orisinil)
    -Setang: Cub C 100 tahun 60-an (orisinil)
    -Spidometer: Cub C 100 tahun 60-an
    -Ducktail: Replika
    -Lampu: Replika
    -Lama pengerjaan: Sekitar setahun

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id