Modifikasi Motor

    Yamaha Scorpio 2007 Anut Aliran Street Bobber

    M. Bagus Rachmanto - 14 Juni 2020 10:03 WIB
    Yamaha Scorpio 2007 Anut Aliran Street Bobber
    Yamaha Scorpio 2007 bergaya Bobber. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
    Bekasi: Punya motor kustom yang penggarapannya lebih kepada penggunaan harian dengan situasi lalu lintas yang tak menentu jadi impian Penny Saputro. Terlebih punya tongkrongan motor yang memiliki karakter dan mencerminkan sang pemilik.

    Walau badai menghadang dalam mewujudkan impiannya tidak menjadi persoalan. Keinginan yang kuat disertai tekad yang bulat, Penny tetap optimis. Bahkan, tanpa pikir panjang Penny langsung meminjam uang dari bank untuk membeli motor yang diincarnya di jejaring dunia maya.

    Dibeli seharga Rp12 juta, Yamaha Scorpio tahun produksi 2007 itu pun jadi pilihan. Mesin standar pabrikan berkapsitas 225cc dirasa cukup untuk jadi basis motor kustom yang bakal digarap nantinya.

    Penny menggambarkan secara keseluruhan kondisi motor yang dibelinya masih terbilang standar, kecuali bagian mesin yang sudah oversize, serta pamakaian ban besar yang terpasang di depan dan belakang.
    Yamaha Scorpio 2007 Anut Aliran Street Bobber
    Tak perlu banyak membuang waktu untuk mengubah sepeda motor sesuai keinginannya. Memodifikasi sektor kaki-kaki jadi sasaran utama meski harus merogoh kocek sebesar Rp900 ribu. Yakni mengganti pelek model racing dengan satu pelek jari-jari Champ ring 18 inci yang dibalut ban IRC ukuran 300 di depan, dan ban ukuran 350 belakang yang menempel di pelek jari-jari ring 17 inci.

    Selesai menggerayangi sektor kaki-kaki, sasaran berikutnya adalah seting mesin biar tambah gahar. Mesin yang tak lagi standar pabrikan alias diameter piston yang sudah dioversize 100mm, ditambah porting noken as dan mengganti karburator PE24 TDR, plus dicreamer, dirasa cukup ngebut untuk mengejar Kawasaki Ninja 250 cc saat berpapasan di jalan. Alhasil, motor modifikasi yang digarap sang mpunya sesuai keinginan. 

    Tapi sangat disayangkan, motor modifikasi yang fokus pada kecepatan itu hanya bertahan selama satu bulan. Menurut sang pemilik karena setingan mesinnya yang cepat panas, akibat tidak dipasangkan sistem pendingin mesin tamabahan (radiator) yang diperlukan untuk mesin berkapsitas besar. Karena malas memperbaiki, akhirnya motor lebih banyak parkir di rumah hampir 6 bulan.

    Bukan hanya berambisi, Penny menghidupkan kembali motor yang sudah disimpan lama, namun kali ini dengan konsep modifikasi yang berbeda dari sebelumnya. Ide besarnya, yaitu mengubahnya jadi bergaya retro klasik, yang mengusung konsep kustom motor Bobber.  

    "Motor dengan aliran Bobber seperti ini pada umumnya masih nyaman untuk digunakan untuk harian atau sekedar santai berkeliling-keliling kota. Motor ini punya ciri atau identik dengan roda depan maupun belakang yang bisa dibilang cenderung lebih besar dan kekar," kata Penny kepada Medcom.id di Bekasi, Minggu 14 Juni 2020. 
    Yamaha Scorpio 2007 Anut Aliran Street Bobber
    Singkat cerita, untuk membuat tongkrongannya terlihat seperti sekarang, ubahan besar dilakukan dengan memangkas bagian sasis atau rangka, yang dikustom jadi berukuran lebih kecil. 

    Segitiga asli bawaan pabrikan turut dikustom dengan ukuran 18 cm biar muat dijejali ban diameter besar. Sementara bagian belakang dibiarkan terlihat standar, namun suspensi ditambahkan per shocbreaker kustom agar terlihat lebih klasik. 

    Untuk memperkuat kesan jadul motor klasik, tak ketinggalan pemasangan tangki bensin kustom yang dibeli via online dengan pemilihan cat warna biru cerah bertuliskan 'Fashion Classic'. Sekarang Scorpio kustom tersebut mencari pemilik baru. 

    "Motor klasik umumnya tidak menggunakan mono shock, jadi bawaan Scorpio saya rombak. Total untuk membuatnya terlihat seperti sekarang habis sekitar Rp15 jutaan. Bagi yang berminat bisa menghubungi no 082112365070," pungkas Penny.

    Tertarik!

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id