Jeep Wrangler Aplikasi Mesin Uap Garapan Haux Design

    M. Bagus Rachmanto - 21 Juni 2019 11:10 WIB
    Jeep Wrangler Aplikasi Mesin Uap Garapan Haux Design
    Haux Designs bikin Jeep Wrangler bertenaga uap. Carscoops
    Pennsylvania: Memodifikasi mobil guna meningkatkan tenaga mesin bensin maupun diesel merupakan hal biasa. Tapi apa yang dilakukan rumah modifikasi Haux Designs ini adalah hal yang di luar kebiasaan.
     
    Rumah modifikasi yang bermarkas di Pennsylvania, Amerika Serikat (AS) itu membuat sesuatu yang baru dan berbeda, yaitu menciptakan Jeep Wrangler bertenaga uap.
     
    Dikatakan, di balik kap mesin Jeep Wrangler terdapat 100ci V4 trunk-piston, poppet-valve uniflow steam yang dibuat dari tahun 1960an.
    Jeep Wrangler Aplikasi Mesin Uap Garapan Haux Design 
    Menariknya, mesin uap ini mampu mendongkrak daya mesin sekitar 130-140 tenaga kuda dan torsi yang besar mencapai 2.500 lb-ft.
      
    Keunikan lainnya adalah transmisi standar manual 6-kecepatan yang tetap dipertahankan, namum setingan gigi-nya dirubah. Sekarang Jeep Wrangler ini hanya memiliki satu gigi rendah ke depan dan satu gigi mundur.
    Jeep Wrangler Aplikasi Mesin Uap Garapan Haux Design 
    Sementara di bagian belakang terdapat tangki air berkapasitas 55 galon, dengan bahan bakar minyak tanah 16 galon, sebagai boiler besar penghasil tenaga uap.
     
    Hal itu mengharuskan Haux Design memperpanjang sasis untuk pemasangan as roda ketiga dan dua roda tambahan. Alhasil Wrangler yang dijuluki Hulk bertenaga uap ini 51 inci lebih panjang dari versi standar. Penggunaan ban besar tetap dipertahankan untuk menunjukkan idenitasnya sebagai mobil off-road.
    Jeep Wrangler Aplikasi Mesin Uap Garapan Haux Design 
    Untuk mengoptimalkan sistem pengeraman dan kaki-kaki, dipasangkan stock Jeep brakes, BDS coils dan Fox shocks di bagian depan, termasuk kotak kemudi Toyota yang dimodifikasi bersama 3,73 gear. Sistem suspensi bagian belakang, ditambahkan driveshafts Reel, loker Auburn Gear Max Lock dan poros TeraFlex D60.
     
    Menilik dalam kabin terlihat perpaduan antara kereta api off-road dan kereta uap yang khas, karena adanya pump handles sebagai pengendali uap dan shifter, alat pengukur uap lokomotif dari taun 1800-an, a bespoke steering wheel dan Kicker stereo.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id