Modifikasi Motor

    Motor Drag Anti Mati Gaya ala Kevin Busch

    M. Bagus Rachmanto - 07 Februari 2020 14:36 WIB
    Motor Drag Anti Mati Gaya ala Kevin Busch
    Zeus si motor drag di era 1960-an, sukses bangkit dari gudang. Tadashi Kono
    Jakarta: Motor balap drag jadul, tidak sepenuhnya punya model klasik atau vintage. Zeus salah satu contohnya. Meski motor meraih kejayaannya pada 1950-an di ajang balap drag bike, namun modelnya tidak mati gaya.
     
    Sempat diacuhkan oleh sang empunya selama berpuluh tahun lamanya sebagai penghias di gerai miliknya, Zeus kini sukses bangkit dari keterpurukannya. Melalui tangan dingin Kevin Busch (cucu dari pemilik pertama Zeus), motor tersebut kini tampil gagah lagi.
     
    Membangkitkan kembali sosok Zeus, dianggap Kevin sebagai sebuah 'kewajiban' sekaligus tantangan. Mengingat kakeknya adalah seorang mekanik, frabrikator, dan pembuat mesin, juga jadi joki balapnya. "Motor ini pernah ikut balap di 1960. Beberapa bagian motor ini terpisah dari bagian rangkanya dan terlupakan selama bertahun-tahun lamanya," kenang Kevin.
     
    Saat kakek Kevin meninggal dunia lima tahun lalu, Ia pun mulai membangun dan membangkitkan kembali motor bernama Zeus itu. Lantaran lama jadi barang rongsokan, banyak hal yang harus Ia perbaiki. Mulai dari rangka yang sudah keropos karena berkarat, pelek hingga mesin yang terpisah-pisah.
    Zeus, Bangkit dari Tidur Panjang
    Setelah melakukan banyak rekayasa di bagian motor tersebut hingga ke bagian mesin, Ia akhirnya sukses menyalakannya. "Mesin aslinya adalah mesin 500 cc JAP (John Alfred Prestwich) 1953."
     
    Tantangan besarnya adalah membuat mesin motor ini bisa berfungsi normal dan solusinya Ia membeli sebuah mesin 500 cc tipe 4B yang punya kemiripan dengan mesin aslinya. Hingga akhirnya ketika dipasang memang cukup pas dan menyerupai aslinya.
     
    Lantaran Kevin bekerja di industri baja, maka tak heran, jika Ia mengerjakan banyak hal dengan sangat detail. Mulai dari tangki bensin mungil, knalpot, foot rest, hingga bracket, rantai dan beberapa hal detail lainnya. Ia juga sukses mengoperasikan mesin yang Ia kanibal dari BSA SC 4 percepatan dengan bantuan kopling itu
     Zeus, Bangkit dari Tidur Panjang
    Karakternya pun dibuat semirip mungkin dengan awalnya. Yaitu model setang yang rendah sehingga jokinya bisa nunduk lebih rendah untuk meminimalisir hambatan angin saat sedang balapan.
     
    Meski demikian, tentu motor ini takkan digunakan untuk balapan sang pemilik. Lantaran motor ini bakal jadi pajangan yang bisa berfungsi normal saja.
     




    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id