Modifikasi Mobil

    Tantangan Besar Merancang Ambulans

    Ekawan Raharja - 03 Juli 2020 08:44 WIB
    Tantangan Besar Merancang Ambulans
    API menjalin kerja sama dengan DFSK untuk pembuatan mobil ambulans berbasis Super Cab. DFSK
    Jakarta: Mobil ambulans belakangan ini sangat dibutuhkan sekali sebagai sarana mobilitas tenaga medis, khususnya untuk mengurusi pasien dengan pandemik Covid-19 di Indonesia. Untuk mendapatkan mobil ambulans juga tidak serta merta datang ke dealer dan tersedia, melainkan harus dibawa terlebih dahulu ke pihak karoseri untuk dibuatkan rancang bangun yang sesuai standar ambulans di Indonesia dan mengisinya dengan berbagai perlengkapan medis yang dibutuhkan.
     
    Salah satu karoseri yang menangani pembuatan ambulans adalah Ambulance Pintar Indonesia yang sudah menjalani bisnisnya sejak 2011, dan memiliki workshop di sejumlah daerah di Jabodetabek serta Jawa Tengah. Branch Manager Ambulance Pintar Indonesia, Ari Cukmara, menjelaskan ada satu bagian yang dinilainya cukup menyulitkan dalam pembuatan mobil ambulans yakni bagian stiker.
     
    "Paling susah itu bagian stiker, atau bagian stiker yang di pesan oleh konsumen. Jadi menurut kami stiker karena membutuhkan kepastian dari konsumen dan harus dijamin tidak ada  perubahan," aku Ari Cukmana Kamis (2/7/2020) melalui webinar.
     
    Dia menuturkan bahwa biasanya stiker mengalami banyak perubahan karena terkait ketidaksesuaian logo, warna, sampai dengan tulisan yang biasanya membutuhkan 2-3 kali pengerjaan. Konsumen biasanya pasti memiliki koreksi atau perubahan dadakan logo stiker yang akan dipasang di mobil ambulans.
     
    "Kalau yang lainnya aman, rancang bangun atau perlengkapan di dalamnya aman," sambung Ari.
     
    Sedangkan untuk perlengkapan medis di dalamnya, Ari menjelaskan API biasanya memproduksi sejumlah bagian yang bisa dibuat dan menggunakan vendor untuk pengadaan alat-alat yang tidak bisa diproduksi. Sebagai contoh, tabung oksigen atau alat monitor pasien yang ada dipasok melalui vendor alat kesehatan.
     
    Baru-baru ini juga API menjalin kerja sama dengan DFSK untuk pembuatan mobil ambulans berbasis Super Cab. Jadi, setiap pembelian Super Cab Ambulans yang ditawarkan oleh dealer resmi DFSK, nantinya untuk pengerjaan karoseri dan pengadaan perlengkapan di dalamnya diserahkan kepada API. "Kita memberikan asuransi selama satu tahun untuk perlengkapan yang ada di dalam ambulans, dan garansi tiga tahun atau 120 ribu kilometer untuk unit kendaraannya," ucap Technical Manager PT Sokonindo Automobile, Sugiartono, di kesempatan yang sama.

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id