comscore

Unik, Bus Ini Bisa Berjalan Di Aspal & Rel Kereta

Ekawan Raharja - 03 Januari 2022 12:00 WIB
Unik, Bus Ini Bisa Berjalan Di Aspal & Rel Kereta
DMV sudah dioperasikan di Kaiyo, Tokushima, Jepang. Carscoops
Kaiyo: Jepang sebagai negara yang inovatif kembali menunjukan ide unik mereka dengan menghadirkan kendaraan yang mereka sebut dual mode vehicle (DMV), Kendaraan ini memiliki desain seperti bus namun bisa digunakan di jalan raya maupun rel kereta api.

Perlu diingat bahwa DMV ini bukanlah sebuah konsep kendaraan, tetapi sudah diluncurkan dan dioperasikan per 25 Desember lalu. Menurut laporan Reuters, DMV sudah ada di Kaiyo, Tokushima, dengan cat berwarna merah, biru, atau hijau.
Kendaraan unik ini diklaim cocok untuk diintegrasikan dengan jaringan kereta api di Jepang yang sangat panjang. Sedangkan DMV yang sudah dioperasikan oleh Asa Coast Railway ini menghubungkan antara provinsi Tokushima dan Kochi sebagai objek wisata untuk membantu perekonomian kota kecil yang penuh dengan penduduk lanjut usia.

Kalau dilihat dari desainnya, layaknya seperti bus umumnya yang kita temui di jalanan. Kendaraan ini memiliki jendela-jendela yang besar, ban karet, mesin diesel penggerak roda belakang, dan mampu menampung hingga 21 orang penumpang.

Sebagai pembeda, kendaraan ini memiliki 2 set roda besi untuk digunakan di rel kereta api. Proses pertukaran ban karet ke roda besi ini tidak lama, hanya membutuhkan waktu 15 detik.

DMV memiliki kecepatan sekitar 100 kilometer per jam di jalan beraspal, namun di jalur kereta api, kecepatannya dibatasi hanya 60 kilometer per jam saja.

(ERA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id