Mobil Klasik

    Sejarah Nissan GT-R Sudah Terpatri Sejak 1969

    Ekawan Raharja - 15 Juli 2020 17:33 WIB
    Sejarah Nissan GT-R Sudah Terpatri Sejak 1969
    Nissan sudah memulai sejarah GT-R sejak 1969. Nissan
    Yokohama: Nissan GT-R merupakan salah satu sportcar yang sukses dan bertahan hingga sekarang ini. Mobil berjuluk Godzilla ini lahir sejak puluhan tahun lalu, melewati banyak evolusi, dan berhasil meraih banyak penghargaan di berbagai ajang balap.
     
    Sejarah GT-R dimulai sejak Februari 1969, Nissan mulai menciptakan Skyline 2000GT-R dengan menggabungkan teknologi-teknologi terbaiknya. Mobil ini didesain sebagai mobil balap untuk kelas touring sehingga performanya pun harus dimaksimalkan.
     
    Banyak fitur teknologi balap dalam mobil ini yang terinspirasi dari prototipe mobil balap Nissan (Prince) R380. Seperti mesin DOHC 4 katup dan suspensi independen pada setiap roda, yang kemudian menjadi bagian penting saat mobil ini mendominasi pada balap di zamannya.
     
    Performa yang ditawarkan sangat menjanjikan karena berhasil memenangkan 52 kejuaraan dalam kurun waktu tiga tahun dan jadi salah satu torehan sejarah balapan Jepang. Model ini meraih kemenangan pertamanya pada 3 Mei 1969, di balapan TS-b dari JAF Grand Prix 1969 di Fuji Speedway.
     
    Begitu pula di Grand Prix Jepang 1969, Oktober pada tahun yang sama, GT-R menorehkan kemenangan ketujuhnya. Hal ini tidak terlepas dari sistem bahan bakar tipe injeksi menghasilkan tenaga maksimum ke 226 daya kuda pada 8.400 rpm, dan membuat Skyline semakin unggul di sirkuit.
     
    Kemenangan ke-50 yang bersejarah diraih pada 20 Maret 1972, pada ronde pertama Fuji GC Series, balapan Fuji dengan kecepatan 300 kilometer. Angin kencang dan hujan lebat melanda, membuat balapan dipersingkat dari 20 putaran menjadi 12 putaran.
     
    Menerpa awan-awan gelap, mobil nomor 15, GT-R yang dinahkodai oleh K Takahashi meraih posisi pertama sekaligus mencetak sejarah. GT-R menempati posisi teratas dalam berbagai balapan touring lokal di Jepang, dengan total 52 kemenangan hanya dalam tiga tahun.
     
    Hingga saat ini GT-R masih sering tampil di berbagai kesempatan. Seperti model Skyline di film Fast and Furious, atau GT-R di video game Gran Turismo.
     

    Cerita Awal Mendapat Julukan Godzilla

    Penyematan nama Godzilla ini sudah berlangsung sejak 1989 atau 31 tahun silam. Hal ini tidak terlepas dari kemampuan Nissan Skyline R-32 yang menjadi cikal bakal GT-R yang ada sekarang.
     
    Sejak musim balap tahun 1990 dan menjadi musim balap pertamanya, Skyline R-32 sukses mendominasi divisi 1 dengan menjuarai 7 dari 7 balapan Touring Car di Jepang.
     
    Selain itu, sport car legendaris ini juga berprestasi di Benua Australia. Terbukti berhasil menjadi yang tercepat di balapan Touring Car Australia pada musim 1990.
     
    Hal ini kemudian membuat media otomotif di Australia menyematkan gelar Skyline R-32 dengan sebutan Godzilla. Gelar ini dirasa sangat cocok dan melesat hingga generasi selanjutnya Skyline, sehingga akhirnya berubah nama menjadi GT-R.

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id