Mobil Klasik

    Yoshihiko Matsuo Di Balik Kesuksesan Datsun 240 Z

    Ekawan Raharja - 21 Juli 2020 08:05 WIB
    Yoshihiko Matsuo Di Balik Kesuksesan Datsun 240 Z
    Datsun 240 Z yang melegenda. Datsun
    Tokyo: Datsun dahulu kala merupakan salah satu produsen mobil sport yang cukup terkenal. Salah satu mobilnya yang melegenda adalah 240 Z yang tetap dicintai oleh petrol head hingga sekarang ini.

    Ternyata di balik kesuksesan 240 Z, terdapat Yoshihiko Matsuo. Dia merupakan desainer pembuat mobil ini, dan beberapa seri Z lainnya.

    Yoshihiko Matsuo membuat 240 Z tidaklah mudah, karena banyak aspek yang diperhatikan. Tuntutannya kala itu adalah membuat sportcar namun dengan harga yang terjangkau.

    Tentu itu bukan hal yang mudah karena setiap elemen desain harus hadir dengan mempertimbangkan aspek produksi. Untuk mewujudkan hal itu, ia pun menghadirkan desain yang berorientasi pada kinerja optimal namun dalam proses produksi yang murah.

    Mobil ini menggunakan mesin 2.400 cc 6-silinder inline dengan tenaga mencapai 150 daya kuda. Kala itu, mobil bisa membeli dengan harga sekitar USD 3.500 atau dengan inflasi sekarang sekitar USD 23.000.

    Buah pikirnya pun terbayar lunas, 240 Z akhirnya bisa diterima dengan baik oleh pasar karena sejumlah keunggulan baik dari sisi desain, performa dan harga. Hingga kini 240 Z menjadi salah satu koleksi para pecinta otomotif, khususnya para pecinta merek Datsun.

    Setelah meninggalkan karya yang luar biasa, Yoshihiko Matsuo mungkin meninggal dengan tersenyum. Pria asal Jepang ini menghembuskan nafas terakhir pada 11 Juli 2020 di umur 86 tahun.

    "Dia adalah sosok desainer dan influencer bagi kami. Ia sangat berjasa lewat Datsun 240 Z dan desaian untuk beberapa produk Nissan," kata Nissan Senior Vice President of Global Design, Alfonso Albaisa, dikutip dari  car and driver.

    "Desainya selalu inovatif dan dibuat dengan penuh hasrat. Hal itu pun otomatis membuat produk kami menjadi produk yang mampu memberikan perlawanan di pasar sports car," sambungnya.

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id