Industri Otomotif

    Suzuki Hentikan Pabrik untuk Tekan Penyebaran Virus Korona

    Ekawan Raharja - 03 April 2020 08:08 WIB
    Suzuki Hentikan Pabrik untuk Tekan Penyebaran Virus Korona
    Suzuki meliburkan pabriknya selama dua pekan untuk menghindari penyebaran virus korona. Medcom.id/Ekawan Raharja
    Jakarta: Sejumlah produsen mulai melakukan pembatasan produksi, dan bahkan menghentikan proses produksi, untuk menghindari penyebaran virus korona. Suzuki Indonesia turut merespon dengan menghentikan produksi agar karyawan mereka bisa menjaga dirinya dari penularan covid-19.
     
    Pabrikan asal Jepang ini memilih cara menerapkan social distancing kepada karyawan dengan meniadakan proses produksi sementara waktu. Langkah ini diambil demi melindungi kesehatan karyawan.
     
    "Saat ini yang menjadi prioritas utama kami adalah kesehatan seluruh elemen perusahaan. Untuk alasan tersebut, Suzuki akan menghentikan sementara kegiatan produksi di pabrik sebagai salah satu upaya melindungi karyawan,” kata President Director PT Suzuki Indomobil Motor/PT Suzuki Indomobil Sales, Seiji Itayama, melalui keterangan resminya.
     
    Penghentian sementara kegiatan produksi tersebut akan berlangsung selama 2 minggu, mulai dari 13 April 2020 sampai 24 April 2020 di ketiga lokasi pabrik yaitu di Cakung, Tambun, dan Cikarang. Meski begitu, perusahaan tetap akan memberikan upah penuh kepada karyawan yang sementara tidak bekerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 
     
    Selain memprioritaskan kesehatan karyawan, di sisi lain pabrikan yang berafiliasi dengan Grup Indomobil ini juga tetap berfokus kepada kualitas layanan pelanggan. “Karena di saat seperti ini, justru kami harus memberikan hal positif kepada masyarakat agar tetap tenang, termasuk dalam merawat kendaraan. Saya pastikan layanan purna jual akan tetap berjalan di masa yang berat ini,” kata Itayama menambahkan. 
     
    Bagi konsumen yang ingin melakukan perawatan berkala atau perbaikan bisa mengakses layanan home service melalui nomor Halo Suzuki. Selain itu pelanggan juga bisa meminta layanan lainnya pick up service, roadside assistance, dan dealer tetap beroperasi normal dengan menerapkan SOP khusus selama pandemik virus corona berlangsung.
     
    Selain Suzuki, Honda juga sudah mengumumkan sudah menghentikan produksi mobil mulai awal pekan ini selama dua minggu. Kondisi virus korona yang membuat penjualan otomotif menurun cukup drastis, dan agar tidak ada kelebihan stok di pasar maka produksi pun dihentikan.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id