Mobil Baru

    Evolusi Sedan Menjadi Crossover di Toyota Corolla Cross

    Ekawan Raharja - 30 Juli 2020 15:16 WIB
    Evolusi Sedan Menjadi Crossover di Toyota Corolla Cross
    Toyota Corolla Cross sudah meluncur di Thailand. Toyota
    Thailand: Generasi ke-12 Toyota Corolla menghadirkan kejutan dengan kehadiran varian body crossover. Tentu bagi banyak orang tahu, bahwa nama ini identik dengan model sedan dan sudah memiliki perjalanan panjang di kancah global atau Tanah Air.
     
    Corolla Cross menjadi nama untuk varian crossover yang pertama kali lahir di Thailand. Model satu ini jadir dengan sosok layaknya hatchback namun dengan dimensi lebih tinggi dan gendut seperti crossover di kelasnya, seperti dikutip dari Media Indonesia.
     
    Model satu ini dibangun di atas platform Toyota New Global Architecture C (TNGA-C/Compact), platform yang juga digunakan oleh berbagai jenis Corolla, Prius dan CH-R. Oleh karena itu dimensi Corolla Cross tidak jauh berbeda dengan saudara se-platform-nya, meskipun tampilan luarnya banyak kemiripan dengan RAV-4 yang menggunakan platform TNGA-K.
     
    Evolusi Sedan Menjadi Crossover di Toyota Corolla Cross

    Kemiripan itu terlihat pada desain gril, bumper hingga lampu depan bahkan hingga desain bagian belakang. Bisa dibilang hanya lekuk-lekuk dan detail kecil serta dimensi saja yang membuatnya terlihat berbeda. Tidak salah juga kalau ada yang menjulukinya sebagai 'baby RAV-4'.
     

     
    Tampilan Corolla Cross nampak tegas berkat gril hitam diapit lampu depan yang tajam dan lampu Daytime Running Light LED. Unsur hitam juga terdapat pada bumper depan, side skirt, dan ornamen lengkungan roda termasuk pada sepasang rel atap. Bagian bumper belakang juga dihiasi unsur senada dengan aksen lampu reflektor di bagian ujung-ujungnya.
     
    Interiornya cukup lapang dan memiliki desain yang lebih menyerupai Corolla hatchback. Corolla 'jangkung' yang hadir dengan dimensi panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm dan tinggi 1.620 mm, serta jarak sumbu roda (wheelbase) 2.640 mm ini dilengkapi sejumlah fitur dan teknologi keamanan serta keselamatan khas Toyota Safety Sense pada varian tertentu.
     
    Evolusi Sedan Menjadi Crossover di Toyota Corolla Cross

    Fitur keselamatannya termasuk fitur peringatan kemungkinan tabrakan (pre-collision warning), rem otomatis darurat (automatic emergency braking), peringatan keluar jalur berikut bantuan kemudi (lane departure alert with steering assist), peringatan untuk memantau lalu lintas saat parkir mundur keluar dari gang (rear cross-traffic alert), hingga blind spot management yang membantu pengemudi mendeteksi kondisi lingkungan mobil yang tidak terlihat.
     
    Kendaraan yang memiliki luas ruang bagasi hingga 487 liter dibekali sarana hiburan yang dapat terkoneksi dengan Apple CarPlay menggunakan Toyota's T-Connect app-based system. Fasilitas infotainment ini dilengkapi sebuah layar sentuh berukuran 9 inci sebagai standar pada Corolla Cross.
     
    Untuk menopang kenyamanan dan kendali bagian suspensi depan menganut model MacPherson Strut, sementara bagian belakang menggunakan torsion beam. Rem cakram menjadi kelengkapan standar di keempat rodanya, sementara rodanya sendiri terdiri dari dua ukuran yaitu 17 inci dan 18 inci, tergantung varian dengan alas roda masing-masing berukuran 215/60 dan 225/50.
     
    Evolusi Sedan Menjadi Crossover di Toyota Corolla Cross

    Sumber tenaga tersedia dalam pilihan mesin bensin dan bensin hybrid. Untuk versi bensin menggunakan mesin 1.8 liter 2ZR-FBE I4 bertenaga 138 daya kuda dan torsi 177 Nm. Klaim efisiensi mesin bensin standar rata-rata 15,4 kilometer per liter. 
     
    sementara versi hybrid dibekali mesin bensin 1.8 L 2ZR-FXE I4 bertenaga 98 daya kuda dan torsi 142 Nm dibantu motor listrik 1NM AC synchronous 72 hp  dengan torsi 163 Nm. Soal efisiensi bahan bakarnya mencapai di kisaran 23.3 kilometer per liter. 
     
    Rencananya Toyota Indonesia untuk meluncurkan Corolla Cross pada 6 Agustus 2020 secara online. Akankan spesifikasinya sama dengan yang ada di Thailand?



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id