Permintaan Besar, Suzuki Pertimbangkan LCGC 7-Penumpang

    Ekawan Raharja - 15 Juli 2019 14:06 WIB
    Permintaan Besar, Suzuki Pertimbangkan LCGC 7-Penumpang
    Sebenarnya Suzuki memiliki mobil konsep Karimun Wagon tujuh penumpang. Suzuki
    Banjarmasin: Kini hampir seluruh merek besar otomotif yang ada di Indonesia menjual mobil low cost green car (LCGC) dengan konfigurasi tujuh penumpang. Sayangnya mobil seperti ini tidak dimiliki oleh Suzuki, meskipun mereka sudah memiliki mobil konsepnya.

    Director of Operations Mitra Suzuki (Main Dealer Suzuki di Kalimantan Selatan), Felix Han, menjelaskan kehadiran LCGC tujuh penumpang sangat dinanti pihak dealer. Menurutnya mobil ini bisa membantu penjualan, mengingat mobil ini memiliki peluang yang cukup besar.

    "Saat ini kita LCGC memiliki Suzuki Karimun Wagon R, cuma kalau konsumen mau naik kelas adanya Ertiga dan itu kejauhan harganya. Kalau ada LCGC tujuh penumpang dengan harga yang lebih terjangkau dari Ertiga, bisa menjadi pilihan," ungkap Felix Han kepada Medcom.id di dealer Mitra Suzuki Banjarmasin Kalimantan Selatan.

    Sebenarnya Suzuki memiliki mobil konsep Karimun Wagon tujuh penumpang, dan sudah pernah dipamerkan di Indonesia melalui Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013. Waktu itu diprediksi, Karimun tujuh penumpang ini akan menggunakan mesin 1.2 liter K12M yang bisa menghasilkan tenaga maksimum 81 daya kuda dan torsi puncak 113 Nm.  Sayangnya hingga saat ini, mobil tersebut belum juga diproduksi sehingga statusnya hingga saat ini masih sekadar mobil konsep.

    Sebagai perbandingan Karimun Wagon R dipasarkan dengan rentan harga mulai Rp112,5 juta hingga Rp143 juta (on the road Jakarta). Kemudian Ertiga dipasarkan mulai dari Rp196 juta hingga Rp251,5 juta (on the road Jakarta). Sehigga ada celah produk di rentan harga Rp150 juta sampai Rp195 juta.

    Sebagai perbandingan, Datsun memiliki Datsun GO+ D untuk tujuh penumpang dengan harga Rp115,5 juta hingga Rp 152,4 juta (on the road Jakarta). Kemudian ada juga Daihatsu Sigra dengan harga Rp114 juta hingga Rp154,7 juta (on the road Jakarta).

    Selain itu meski bukan berstatus LCGC, Renault Indonesia berencana untuk memasarkan Renault Triber. Secara ukuran dan mesin tidak jauh berbeda dengan Sigra bermesin 1.000 cc. Tentu kehadirannya akan menambah semarak pilihan kendaraan keluarga di Indonesia.

    Jikalau karimun dengan tujuh penumpang diproduksi, kira-kira berapa banderol yang pas untuk pasar Indonesia?



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id